INCREASING TAXPAYER COMPLIANCE THROUGH THE QUALITY OF FISKUS SERVICES WITH RISK PREFERENCE AS A MODERATING VARIABLES

yuwita ariessa pravasanti, Desy Nur Pratiwi

Abstract

This study aims to determine tax authorities' effect on taxpayer compliance with risk preference as a moderating variable. This type of research is causality research with a quantitative approach. The data used are primary. Namely, the population questionnaire used for this study is all taxpayers KPP Pratama Surakarta. The sample in this study was determined using the purposive sampling method of 50 respondents. The data collection method in this study used a questionnaire. They are testing the results of the questionnaire used validity analysis and reliability analysis. The results show that there is a significant effect of tax authorities on risk preferences. There is an effect of tax services on taxpayer compliance, and risk preference can moderate tax authorities' effect on taxpayer compliance.

Full Text:

PDF

References

Alabede, J.O., Ariffin, Z., Z, & Idris K. M. 2011. Indvidual Tax Payers Attitude And Compliance Behaviour In Nigeria: The Moderating Role Of Financial Condition And Risk Preference. Journal Of Accounting And Taxation, 3 September 91-104.

Adiasa, Nirawan. 2013. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Moderating Preferensi Risiko. Accounting Analysis Journal 2 (3), 345-352.

Aryobimo, Putut Tri dan Cahyonowati, Nur. 2012. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Jurnal Akuntansi Vol.1 No.2. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Disnayanti, Ni Kadek Ayu dan I.G.A Agung Pradnya Dewi. 2020. Moderasi Preferensi Risiko Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Account Representative dan Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Universitas Udayana Vol. 26 (2), Bali.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 19 Edisi 5.Universitas Diponegoro, Semarang.

Ilhamsyah Randi, Maria G.W. E, Rizky YD. 2016. Pengaruh Pemahaman dan pengetahuan Wajib Pajak tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JEJAK Vol. 8, No. 1. Malang: Universitas Brawijaya.

Irawati Wiwik, Arum Kumala Sari. 2019. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Barelang Vol. 3 No. 2

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Jaya, Anita. 2017.“Analys of Effect of Knowledge and Service Quality, Accessibility of Information, Awareness and Behavior of Taxpayers and Impact on Statisfaction and Compliance With Taxpayers of Land and Buildings in The City Batam Island Riau Province.” International Journal of Business and Management Invention, Vol. 6 (2017): 73-783.

Manik Asri, Wuri. 2009. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar”. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Masruroh Siti dan Zulaikha. 2013. Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Diponegoro Journal Of Accounting Vol. 3, No. 4, Hal.1-15

Munzir T dan Widodo Ismanto. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Dimensi Vol. 9 No. 3, November. Universitas Riau Kepulauan Batam.

Mutia, SPT. 2016. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Fakultas Ekonomi Universitas Padang.

Olabede, James O,dkk. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Nigeria Dengan Di Moderasi Oleh Kondisi Keuangan Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko Yang Dihadapi.

Purnamasari, Dyah and Sudaryo, Yoyo . 2018. “ The Effect of Knowledge Taxpayer, Moral Taypayer and Tax Sanctions on Taxpayers Compulsory.”International Journal of Trade, Economics and Finance, Vol. 9 (2018): 5.

Rahayu, Yayuk Ngesti, dkk. 2017. “The Role Of Taxpayer Awareness, Tax Regulation and Understanding in Taxpayer Compliance.”Journal of Accounting and Taxation, Vol.9(10), (2017): 139-146.

Rohemah, Riskiyatur, Sri Rizki, dkk, 2015. Kesadaran Pembayaran Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Pajak, dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh terhadap Kepatuhan Membayar Pajak

Saidi, M Djafar. 2011. Perpajakan. Yogyakarta : Andi.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. PT. Salemba Empat : Jakarta.

Sekaran, Uma. 2013. Research Methods for Business. New York: John Wiley & Sons, inc.

Sugiyono. 2013. “Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi”.Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Cetakan ke23. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Wulandari Retno. 2020. Analisis Pemahaman Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi. VJRA Vol. 9 No. 2. Undiksa

Wahyuningsih, Tri. 2019. Analisis Dampak Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen (JSAM). Vol. 1 No. 3 Maret 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.