PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK BERAS ORGANIK OKU TIMUR DI DESA KARANG SARI KECAMATAN BELITANG III KABUPATEN OKU TIMUR

Helisia Margahana

Abstract


Pemasaran dalam sistem Agribisnis memegang peranan yang penting, karena pemasaran secara keseluruhan mengandung pengertian menyampaikan suatu produk dari penjual hingga ketangan pembeli.
Di Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur terdapat sebuah desa yang bernama Karang Sari sebagai penghasil beras Organik OKU Timur. Beras Organik ini berasal dari jenis padi lokal tanpa rekayasa genetika, manfaatnya sangat baik bagi kesehatan manusia, oleh sebab itulah maka beras organik sangat digemari oleh masyarakat banyak. Selama ini pemasaran beras organik di Desa Karang Sari dilakukan oleh konsumen yang langsung datang ke Gapoktan, baik secara perorangan maupun agen-agen. Untuk itulah maka pemasaran beras organik harus ditingkatkan lagi misalnya melalui media sosial atau pemasaran lewat online dan cara-cara lain, sehingga peningkatan penjualan akan dirasakan oleh para petani di desa Karang Sari.


Kata Kunci : Peningkatan, Pemasaran, Beras Organik

References


Alwi, Hasan. Dkk (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Kotler, Philip and Gary Amstrong 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid I. Jakarta : Erlangga

Philip & Ducan 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Sugono, D. Dkk (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Swastha dan Irawan 2004. Manajemen Pemasaran Modern. Surabaya Liberty

KBBI Daring Edisi III. Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa) Kemdikbud

Kecamatan Belitang III Dalam Angka 2019. Sumber Kementerian Dalam Negeri

http://www.upacaya.com/mengenal-beras-organik-keunggulan-dan manfaatnya/diunduh pada tanggal 18 April 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.