PELATIHAN PELAKSANAAN KONSELING DENGAN “PANDUAN BAGI KONSELOR DENGAN PENDEKATAN CBT” BAGI GURU BK SMK SE-KABUPATEN BOYOLALI

Diana Dewi Wahyuningsih, Eny Kusumawati

Abstract


Konselor sekolah adalah seorang yang bertugas secara professional, dengan menguasai seperangkat kompetensi yang diperlukan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Pelaksanaan konseling yang biasa dilakukan konselor kadang masih konfesional, dengan ceramah dan menasehati tanpa menggunakan pendekatan ataupun teknik. Sehingga kadang tidak terjadi perubahan perilaku pada peserta didik. Salah satu pendekatan konseling yang didasarkan atas pemahaman pemikiran dan perilaku konseli adalah cognitive behavior therapy (CBT). Metode yang digunakan adalah memahami dan berlatih tahapan dalan pendekatan cognitive behavior terapy dengan teknik self management. Kegiatan pengabdian dilaksanakan tanggal 27 juni 2020 diikuti oleh 30 peserta bapak/ibu guru BK di sekolah SMK se kabupaten boyolali. Hasil pengabdian ini memberikan pemahaman baru tentang pendekatan cognitive behavior therapy yang tepat digunakan untuk mengubah pikiran dan perilaku konseli, melalui tahapan dalam konseling CBT.

Kata kunci: konseling CBT, self management, pemikiran dan perilaku

References


Beck, J.S. 2011. Cognitive Behavior Therapy: Basic and Beyond. 2nd edition. New York: Guilford.

Cormier, L. Sherry & Nurius, S. Paula. 2003. Interviewing and Change Strategies for Helpers Fundamental Skills and Cognitive Behavioral Interventions. 5th ed. Monterey, California: Publishing Company.

Knowles, Malcolm; Holton, E. F., III; Swanson, R. A. 2005. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (6th ed.). Burlington, MA: Elsevier.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.