EDUKASI DAN PELATIHAN INVESTASI PASAR MODAL INDONESIA DI KELURAHAN SUKOREJO

Diana Pramudya Wardhani, La Ode Sugianto, Premi Wahyu Widyaningrum

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai investasi dan trading saham, serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan investor sebelum berinvestasi. Pengabdian ini merupakan salah cara untuk mengatasi pengaruh rendahnya minat dosen berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Hal ini disebabkan kurangnya pemberian motivasi intrinsik dan pengetahuan investasi kepada dosen sehingga mengakibatkan minat dosen berinvestasi rendah. Selain itu, tujuan pengabdian ini yaitu memberikan edukasi dan sosialisasi tentang investasi di Pasar Modal Indonesia bagi seluruh pegawai kelurahan Sukorejo, BPD, Karang Taruna dan para Pelaku UMKM di Kelurahan Sukorejo. Memberikan inklusif pembukaan rekening agar bisa meningkatkan pembukaan Rekening Efek bagi Galeri Investasi BEI FE Universitas Muhammadiyah Ponorogo secara berkelanjutan. Pengabdian ini juga memberikan deskripsi yang jelas bahwa dengan adanya Edukasi dan Pelatihan Investasi di Pasar Modal Indonesia di kelurahan Sukorejo, BPD, Karang Taruna dan para Pelaku UMKM maka pengabdian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi peserta untuk menambah wawasan mengenai investasi dan trading saham, serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan investor sebelum berinvestasi. Serta diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terkait pengetahuan investasi dan pasar modal sehingga menambah minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

References


Abdul Haliim. 2005. Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, 2015. Manajemen Investasi Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Jogiyanto, 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPEE.

Krugman dan Maurice Obstfeld. 1999. Ekonomi Internasional Teori dan Kebijakan. Edisi 2: Moneter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugianto, LO., 2017. Sekolah Pasar Modal oleh Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Taylor, 2014. How to be Successful by Being Yourself. Jakrata: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.