PENDAMPINGAN MASYARAKAT BERBASIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA UMK INDUSTRI GAMELAN DI DESA PENDEM

Chalimatuz Sa'diyah, Kenny Roz, Khusnul Rofida Novianti

Abstract


Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada individu/pengusaha kecil khususnya usaha mikro dan kecil (UMK) di sentra industri gamelan yang ada dilingkungan Desa Pendem tentang pengetahuan praktis dan sederhana mengenai mengelola keuangan sederhana sesuai dengan prinsip dalam manajemen keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode klasikal dengan pendekatan diskusi, tanya jawab, dan simulasi dengan maksud agar materi dapat diterima oleh mitra dengan baik. Diharapkan setelah dilakukannya program pengabdian ini, para peserta memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pengusaha kecil yang terampil mengelola keuangan dan juga mampu mencari peluang untuk menambah keuangan keluarga sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya agar menjadi lebih baik.

References


Andarsari, P. R. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan Di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–64.

Bank Indonesia. (2013). Pengelolaan Keuangan. Grup Pengembangan Keuangan Inklusif De- partemen Pengembangan Akses Keuangan Dan Umkm Bank Indonesia. Jakarta.

Syam, D. (2018). Akuntansi Pengantar II (Prinsip, Metode dan Prosedur). Malang: UMM Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.