UPAYA MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA

Maria Widyastuti, Christina Agnesia

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19 tim melaksanakan program ‘Bakti Kampus’. Pada program tersebut tim membantu dosen menyiapkan pembelajaran daring yang menarik dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dalam jaringan (daring) yang efektif dan interaktif melalui beberapa alternatif metode pembelajaran diantaranya e-learning dan video tutorial. Adapun sasaran dari program bakti kampus ini adalah peningkatan pemahaman dan keaktifan mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan. Beberapa program telah dilaksanakan meliputi: pembuatan google classroom sebagai wadah bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar, membuat video tutorial dan desain materi presentasi yang menarik, membantu dosen dalam menggunakan aplikasi zoom sebagai media pendukung penyampaian materi. Program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik karena dalam menyusun program tim mendiskusikan dan mengkordinasikan dengan setiap dosen, sehingga program dapat diterima dosen dan mahasiswa karena sesuai kebutuhan dan dianggap mampu menjawab keresahaan yang selama ini dirasakan dosen maupun mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

Kata kunci: pembelajaran daring, masa pandemi

References


Adijaya, N. dan L.P Santosa (2018) Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online, Vol 10, N0 2, 2 September 2018 http://ejournal.bsi.ac.id/ejournal/index.php/wanastra

Adibowo R dan T Fidowaty (2013) Pengaruh Efektivitas Kuliah Online Dalam Website Terhadap Prestasi Akademik UNIKOM. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol III No 1

Firman dan S.R Rahman (2020) Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Volume 02 N0 02

Milman, N.B (2015) Distance Education In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Science Secand Edition. https://doi.org10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4

Mustafa, M.I., M Chodzirin dan L Sayekti (2019) Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Jurnal of Information Technology Vol1, No 2

Roberts, T.S dan McInnemey,J.M (2007) Seven Problems of Online Group Learning (and their solution). Educational Technology and Society. https://doi.org/10.1111/j.2151-6952.1960.tb01699.x.

Yuniarti, R.D (2010) Potensi E-Learning melalui kuliah On-line dalam Mmeningkatkan Kualitas Pemelajaran Di prodi Tata Niaga Jurusan Pendidika Ekonomi FPEB-UPI, Jurnal Manajerial Vol 8 No 16

Zhang,D., Zhao,J.L.,Zhon,L & Nunamaker,J.F (2004) Can e- learning replace classroom learning ? Communications of the ACM . https://doi.org/10.1145/986213.986216.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.