PEMBUATAN KONTEN TULISAN POSITIF DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI KOMUNIKASI PREVENTIF DAN KONTRIBUSI MAHASISWA DALAM MENANGKAL HOAX

Unung Lesmanah, Sugiono Sugiono, Hayat Hayat

Abstract


Keberadaan media sosial merupakan tantangan yang memiliki dampak signifikan pada kehidupan masyarakat, meskipun juga memberikan peluang bagi sebagian lainnya. Disadari atau tidak, media sosial adalah kebutuhan masyarakat milenial. Berbagai informasi disajikan secara luas dan terbuka, referensi dapat dengan mudah diperoleh secara luas, dan bahkan menjadi sumber informasi utama bagi sebagian besar. Medsos menjadi candu yang sulit dilepaskan dalam kehidupan sekarang ini.Terutama konten penulisan yang mengisi ruang media sosial setiap hari tanpa jeda yang dapat dibuka dari mana saja, kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang. Berbagai konten tulisan dapat ditemukan dalam satu ruang tanpa batas. Banyak memberikan tampilan manfaat dari konten ini, mulai dari pembelajaran yang efektif, teleconference, instruktur, streaming, dan sebagainya. Namun di sisi lain, isi tulisan juga digunakan sebagai tempat untuk memfitnah, menyebarkan tipuan, menyiarkan kebencian dan hal-hal negatif lainnya yang dapat merusak ukhuwah Islamiyah, menjadi alat untuk membagi umat, dan menjadi media untuk mengadu domba antara perbedaan dan memecah belah bangsa.

Kata kunci: media sosial, konten positif, komunikasi, hoax

References


a. Buku

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Nasrullah, Rulli. 2015 .Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sudjana dan Rivai, 1992. Video Sebagai Media Penyebaran Inovasi Pertanian. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

b. Artikel Jurnal

David, Eribka Ruthellia, Mariam Sondakh, Stefi Harilama. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-Jurnal Acta Diurna, 6 (1), hal. 1-18.

c. Website.

Ani Hayrani, Jember 2015

https://www.academia.edu/30424946/Pengaruh_Media_Sosial_terhadap_Kemampuan_Menulis_dan_Penggunaan_Bahasa_Indonesia

A Margana, Jakarta, 30 September 2017, Opini Publik dari Media Sosial , https://mediaindonesia.com/opini

Tri Apriyani, Januari 2020, Kebebasan Berpendapat Harus Disampaikan Dengan Pandai, Suara.com


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.