PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS MANAJEMEN ORGANISASI DI KARANG ANOM KLATEN

Sumadi Sumadi

Abstract


Abstrak : Pengabdian ini dilaksanakan dengan latar belakang ingin membantu dalam meningkatkan tingkat pemahaman untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk penambahan pengetahuan tentang peranan UKM dan UMKM dalam memajukan pertumbuhan perekonomian di suatu daerah, dan peluang usaha apa saja yang mampu memajukan perekonomian di daerah Tawangsari. Diharapkan dari hasil pelatihan ini memberikan pemahaman baru dari masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi demontrasi, praktik simulasi dan observasi. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) Masyarakat mampu mengetahui dari peranan UKM dan UMKM dalam memajukan pertumbuhan suatu daerah; 2) Masyarakat mendapatkan pemahaman baru tentang apa itu UKM dan UMKM dalam memajukan pekonomian; 3) Selanjutnya masyarakat akan mampu mengetahui dan memahami bagaimana memperoleh dana dalam pengembangan ataupun pendirian usaha.

Kata Kunci: UMKM, Pengabdian, manajemen organisasi.



Abstract : This service is carried out with a background of wanting to help in increasing the level of understanding to contribute knowledge to society. The purpose of this community service is to increase knowledge about the role of SMEs and MSMEs in advancing economic growth in an area, and what business opportunities are capable of advancing the economy in the Tawangsari area. It is hoped that the results of this training will provide new insights from the surrounding community. This activity is carried out by using the lecture method, demonstration discussion, simulation practice and observation. The lecture method is used in the process of delivering training materials. The expected output targets from this activity are 1) The community is able to know the role of SMEs and MSMEs in advancing the growth of a region; 2) The public gets a new understanding of what UKM and UMKM are in advancing the economy; 3) Furthermore, the community will be able to know and

Keywords: UMKM, Community Service, organizational management

References


Amalia, Euis, 2009, “Keadilan distributif dalam Ekonomi Islam”, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

P. Eko Prasetyo, 2008, “Peran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran”. Akmenika UPY, Volume 2.

Mulasari, S.A., Husodo, A.H., dan Muhadjir, N., 2014. Kebijakan pemerintah Dalam Pengelolaan Sampah

Domestik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(8):404410.

Octavia, Ade. Dkk. 2015. Pemberdayaan MasyarakatMelalui Optimalisasi Program Bank Sampah Dengan Bantuan Tekhnis Dan Manajemen Usaha Pada KSM Aneka Limbah Dan KSM Maidanul Ula Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 30 (3): 41-49.

Purba, H.D., Meidiana, C., dan Adrianto, D.W., 2014. Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-216.

Sumadi, S., & Siyamto, Y. (2018). Pengaruh Manajemen Spiritual Leadership Dalam Pemerataan Ekonomi Sektor Riil. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 35-41.

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional

Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Di Kota Solok. Universitas Andalas Padang.

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/-pemberdayaan-umkm-solusi-atasi-kemiskinan


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.