Sosialisasi Ekonomi Syariah di Masjid Istiqomah Weru Sukoharjo

Sumadi Sumadi

Abstract


Pengabdian ini dilaksanakan dengan latar belakang ingin memberikan sumbangsih dalam meningkatkan tingkat pemahaman untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat khususnya dalam dakwah ekonomi syariah. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk penambahan pengetahuan tentang ekonomi syariah, khususnya mengenai perbankan syariah. Diharapkan dari hasil pelatihan ini memberikan penambahan pemahaman baru dari masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, praktik simulasi dan observasi. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) Masyarakat mampu mengetahui dan memahami sistem ekonomi syariah; 2) Masyarakat mendapatkan pemahaman baru tentang apa itu perbankan syariah dan bedanya dengan perbankan konvensional; 3) Selanjutnya masyarakat akan mampu mengetahui dan memahami bagaimana memperoleh dana dalam pengembangan kehidupan yang lebih baik lagi dan berkah.

Kata Kunci: ekonomi syariah, Pengabdian masyarakat, manajemen masjid.

References


Anshari, Yahya Zakaria, Fathul Wahab, Lebanon: Darul Fikr, 1971.

Antonio, Muhammad Syafi’i, Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik, Jakarta: GIP, 2001.

Muhammad, Kebijakan Keuangan dan Fiskal dalam Ekonomi Islam, cet.1, (Jakarta: Salemba Empat, 2002), hal.94.

Purba, H.D., Meidiana, C., dan Adrianto, D.W., 2014. Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-216.

Sumadi, S., & Siyamto, Y. (2018). Pengaruh Manajemen Spiritual Leadership Dalam Pemerataan Ekonomi Sektor Riil. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 35-41.

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional

Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Di Kota Solok. Universitas Andalas Padang.


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v3i1.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.