Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Sukomulya Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal Melalui Pengelolaan Aset Desa

Noor Salim, Yuyun Ristianawati, Diovany Tirtana

Abstract


Desa Sukomulyo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Besarnya Anggaran Dana Desa Sukomulyo memerlukan pengelolaan yang baik untuk meningkatkan pelayanan publik guna mewujudkan kesejahteraan umum, mewujudkan desa yang dapat memelihara kesatuan sosial, meningkatkan ekonomi masyarakat desa diperlukan suatu lembaga pengelola yang profesional dan transparan. Pembentukan lembaga pengelola Aset Ekonomi Desa/BUMDesa. Berdasar kajian dan analisis terbentuklah Badan Usaha Milik Desa menjadi lembaga pilihan masyarakat Desa Sukomulyo dan Pemerintah Desa Sukomulya sebagai pengelola aset desa. Terbentuknya BUMDes di Desa Sukomulyo diharapkan mampu mengelola aset desa secara professional dan lebih transparan guna peningkatan ekonomi masyarakat Desa Sukomulyo itu sendiri.

Kata Kunci: Aset Desa, BUMDes, Pemerintah Desa.

References


Rudi Suryanto. (2018). Peta Jalan BUMDes Sukses. Syncore Indonesia. Yogyakarta

Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia. Spirit Usaha Kolektif Desa. Buku Saku Badan Usaha Milik Desa.

UU 6 tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014. Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v3i1.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.