Rebranding untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu pada Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS)

Aniek Rumijati, Nurul Asfiah, Iqbal Ramadhani Fuadiputra

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pertama, Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS) adalah pengembangan pada jumlah produksi yang harus ditingkatkan. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, juga diketahui bahwa produsen susu IPAS sudah memiliki beberapa jenis produk susu yang dapat dikembangkan. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh mitra juga terkait dengan produk olahan yang memiliki kemasan yang kurang menarik yang membuat tim pengabdi merasa itu menjadi salah satu permasalah yang dialami oleh mitra padahal produk mereka sudah banyak dikenal dipasar namun kapasitas produksi mereka juga masih kecil. Tujuan dari kegiatan pendampingan dan pelatihan bagi pengusaha susu yang berada di IPAS adalah untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan rebranding produk sehingga memiliki nilai jual yang lebih di masyarakat. Metode implementasi yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah: (1) Pemberian pelatihan terkait dengan peningkatan produktivitas menggunakan teknologi baru, (2) Pelatihan dan pengembangan terkait dengan rebranding produk. Tim pengabdi juga memberikan beberapa pandangan terkait desain kemasan produk yang dianggap menarik dan bernilai jual dipasar. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para mitra, memberikan poin penjualan tambahan untuk produk IPAS, publikasi terkait dengan diferensiasi produk IPAS, meningkatkan volume produksi untuk pengusaha susu IPAS, dan memberikan pandangan terkait inovasi yang dapat mereka perbaiki untuk terus mengembangkan pasar mereka di masa yang akan datang.

References


A. Eliyana, M. Mashud, A.R. Sridadi, R.J. Sunarsono, E.S. Pradikta, ‘Small Industry Resolution Growth Through the Readiness for Using Android Technology in the Industrial Revolution 4.0’, Proceedings of the 3rd Global Conference On Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2018).

Andhika Prasetyo, ‘“Pembenahan SDM Kunci Tingkatkan Daya Saing”’, Mediaindonesia.Com, 2019 .‘“Azas, Tujuan Dan Usaha,” Azas, Tujuan Dan Usaha, Aisyiyah Kabupaten Malang"’, 2019

B. Merrilees, “Radical Brand Evolution: A Case-Based Framework,” Journal of Advertising Research, vol. 45, iss. 2, Dec. 2005, pp. 201- 210, doi: 10.10

C.l. Goi & m.t Goi 2011 International Conference on Social Science and Humanity IPEDR vol.5 2011 IACSIT Press, Singapore.

‘“Database Persyarikatan”, Data Amal Usaha Muhammadiyah’, 2019

Djaka Marwasta, ‘Pendampingan Masyarakat Desa Parangtritis dalam Pengelolaan Kawasan Gumuk Pasir melalui kegiatan Diversifikasi Usaha Berbasis Sumberdaya Pesisir’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakt, Vol. 2, No. 2 (2017).

George Emil Palade, ‘Rebranding and its Impact on Banking Activities – Case Study’, Acta Marisiensis. Seria Oeconomica, Volume 13: Issue 1.

Harri Santoso, Anita Anita, Muliadi Muliadi, Debi Agus Mayanti, ‘Community Economic Empowerment through Cultivation Of Enceng Gondok Program using Community Engagement Program Approach in West Aceh Regency Post Conflict and Natural Disaster Earthquake and Tsunami 2004’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakt, Vol. 3, No. 2 (2018).

Jatmoko Awali, Ika Ismail, Olivier Aryatama, Yunita Triana, Wentika Asih, Pelatihan Daur Ulang Logam (Alumunium) bagi Masyarakat Karang Joang’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakt, Vol. 4, No. 1 (2018).

J. Causon, “The Internal Brand: Successful Cultural Change and Employee Empowerment,” Journal of Change Management, vol. 4, iss 4, Dec. 2004, pp. 297-307

J. Kapferer, The New Strategic Brand Management. London: Kogan Page, 2004 Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009)

L. Muzellec and M Lambkin, ‘“Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity?”’, European Journal of Marketing, 40.7/8 (2006), 803–24.

Marie Paz Escaño Morales, ‘Participatory Action Research (PAR) Cum Action Research (AR) in Teacher Professional Development: A Literature Review.”’, International Journal of Research in Education and Science, 2.1 (2016), 156–165.

M. Daimul Abror, Amang Fathurrohman, Zainul Ahwan, Lukman Hakim, ‘Pendampingan Integrated Policy and Management System Tata Kelola Sampah di Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan’, ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 3 No 2 (2019).

Morales, Marie Paz Escaño, ‘Participatory Action Research (PAR) Cum Action Research (AR) in Teacher Professional Development: A Literature Review.”’, International Journal of Research in Education and Science, 2.1 (2016), 156–165

Muhammad Zainuddin Lubis, Wenang Anurogo, Daniel Sutopo Pamungkas, ‘Pemberdayaan Masyarakat Nongsa dengan Pembelajaran Penentuan Daerah Penangkapan Ikan Berbasis Teknologi di Bidang Kelautan', Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakt, Vol. 4, No. 1 (2018).

Muzellec, L., and M Lambkin, ‘“Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity?”’, European Journal of Marketing, 40.7/8 (2006), 803–24

Prasetyo, Andhika, ‘“Pembenahan SDM Kunci Tingkatkan Daya Saing”’, Mediaindonesia.Com, 2019

P.S. Koku, “Corporate Name Change Signaling in the Services Industry,” Journal of Services Marketing, vol. 11, iss. 6, 1997, pp. 392-408

Vivi Mardina, Yulida Amri, Tisna Harmawan, ‘Pelatihan Teknik Hidroponik Untuk Mengatasi Lahan Berkadar Garam Tinggi Pada Masyarakat Pesisir Gampong, Kuala Langsa, Aceh’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakt, Vol. 6, No. 1 (2020).


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v3i1.1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.