PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TANJUNGAN KEC. DRIYOREJO KAB. GRESIK MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BUDIDAYA TOGA

Enny Istanti, Sutopo Sutopo

Abstract


ABSTRAK : Desa Tanjungan merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Timur. Desa ini berbatasan dengan Desa Mojosarirejo di utara, Desa Sumput di timur, Desa Sumput di selatan, serta Desa Banjaran di barat. Dan dikelilingi oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga kondisi daerah disana yaitu tanah tandus, udara panas, serta kurangnya penghijauan sehingga terlihat kondisi pedesaan yang gersang. Untuk mata pencaharian sebagian penduduk Tanjungan adalah Karyawan Pabrik, Sopir Truck dan Petani. Sedangkan untuk fasilitas desa masih ada beberapa fasilitas yang kurang memadai seperti tong sampah dan untuk seluruh aktivitas administrasi berada di balai desa sudah cukup baik tetapi dalam hal pelayanan masih perlu antri lama dan proses yang cukup panjang jika persyaratan tidak lengkap serta kurangnya pengetahuan teknologi informasi yang dimiliki masyarakat desa untuk melakukan pengurusan surat-surat yang dibutuhkan secara online. Sehingga bisa dikatakan masyarakat di Desa Tanjungan masih kurang mengoptimalkan lahan yang ada untuk penghijauan dan fasilitas pembangunan yang ada di desa tersebut. Maka dari itu perlu adanya kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan yang bersih dan hijau melalui pemanfaatan tanaman toga / tanaman obat keluarga yang merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Selain itu perangkat desa tanjungan agar dapat meningkatkan pelayanan masyrakat di desa tanjungan melalui pelayanan E-government yang merupakan pemanfaatan informasi, komunikasi, dan teknologi oleh pemerintah dalam pelayanan public.

Kata Kunci : Desa Tanjungan, Tanaman Toga, Pembangunan, Teknologi, E-Government

References


Febriansah, R. (2017) ‘Pemberdayaan Kelompok Tanaman Obat Keluarga Menuju Keluarga Sehat Di Desa Sumberadi, Mlati, Sleman’, BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 5(2). doi: 10.18196/bdr.5221.

Istanti, E. (2020) ‘Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah plastik bernilai jual’, JOURNAL COMMUNITY DEVELOPMENT AND SOCIETY, 2(1), pp. 10–22. Available at: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/2411/1102.

Raharjo, S. (2004) Teori, Analisa, dan Implementasi Jaringan Tanpa Disk ,pada GNU/Linux,. yogyakarta: ANDI.

Riyadi, A. L. S. (1981) Ecology Ilmu Lingkungan Dasar-Dasar & Pengertiannya. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanmorino, A. (2017) ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERUPA WEB BASED APPLICATION PADA SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH’, JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 1(1), pp. 7–13. Available at: http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/download/283/286.

Siska Mayang Sari, Ennimay and Tengku, A. R. (2019) ‘Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Pada Masyarakat’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3. doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.2833.

Wibawa, S. (2009) Administrasi Negara Isu-isu Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widayati, A. and Wulandari, E. T. (2018) ‘Edukasi Manfaat Tanaman Obat dan Pengolahannya dengan Metode CBIA di Desa Bulusulur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah’, ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), pp. 25–30. doi: 10.24071/altruis.2018.010105.

http://www.indonesian-publichealth.com/kesehatan-lingkungan-3/ diakses tgl 26 Februari 2020

https://www.sevenmediatech.co.id/blog/view/manfaat-teknologi-informasi-pada-bidang-pemerintahan-atau-e-government-, diakses tgl 26 Februari 2020


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.