MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI S1 AKUNTANSI DALAM MEMAHAMI BUKU, EBOOK DAN ARTIKEL/JURNAL AKUNTANSI BERBAHASA INGGRIS

Tira Nur Fitria, Yuge Agung Heliawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tehnik atau metode pengajar (dosen) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 Akuntansi dalam memahami referensi buku ajar, ebook dan artikel/jurnal internasional berbahasa Inggris. Serta untuk meningkatkan kemampuan meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 Akuntansi dalam memahami referensi buku ajar, ebook dan artikel/jurnal berbahasa inggris.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka mahasiswa S1 Akuntansi menjadi sample (subjek) dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, kuosioner, wawancara maupun dokumen. Melalui penelitian ini, diharapkan menjadi bahan referensi bagi para pengajar (dosen) dalam menyampikan materi perkuliahan dengan menggunakan referensi buku ajar, ebook dan artikel/ jurnal berbahasa Inggris.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil yang dicapai oleh siswa dari setiap proses tindakan yang dilakukan, yaitu dari tindakan pra siklus (tes awal) hingga siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rat-rata kelas terhadap setiap proses, yaitu hasil belajar mahasiswa dalam memahami teks/bacaan Akuntansi berbahasa Inggris melalui teknik scanning mengalami peningkatan. Dimana pada siklus awal (tes awal) nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 51,56, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 65,94, sedangkan pada siklus 2 juga mengalami peningkatan menjadi 78,12. Hasil tersebut menunjukan bahwa peningkatan kemampuan membaca melalui teknik scanning dicapai dengan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci : artikel, akuntansi, mahasiswa, bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamarudin. 2007. Akuntansi Manajemen: dasar-dasar konsep biaya dan pengambilan keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Harahap, Sofyan Safri, 2003. Teori Akuntansi. PT. Raspindo, Jakarta.

Moloeng, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Oktaviana. Devi. 2015. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi. Tesis. Universitas Muhammadiyah Jember

Pujiarti, Puput. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XI IS 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Puspantini, HA. dkk. Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dengan Metode Sustainable Problem Solving Experience Pada Mata Kuliah Akuntansi. Tesis. Universitas Mulawarman

Soemarso, S.R. 2002. Pengantar Akuntansi. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Soemarso; 1996; Pengantar Akuntansi II Cetakan ketiga; Jakarta: PT Renika Cipta.

Warren, dkk. 2005. Prinsip-Prinsip Akuntansi. Jakarta: Erlangga

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=khoirawatidempo.wordpress.com.

http://www.umpalangkaraya.ac.id/dosen/asepsolikin/?p=111

http://www.frizedianto.com/definisi-ebook-menurut-para-ahli/

http://www.kompasiana.com/arjun_fatah_amitha/peran-e-book-dalam-pembelajaran_550fd753813311b62cbc6800

https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik

http://ismuhafia.blogspot.co.id/2011/12/penelitian-deskriptif-kualitatif.html

http://vivopasoepati1923.blogspot.co.id/2012/11/perbedaan-jurnal-dan-artikel.html

http://akuntanasi.blogspot.co.id/2013/02/akuntansi.html

https://nilaknowledge.wordpress.com/2013/06/07/pentingnya-buku-ajar/

https://jelinaangel.wordpress.com/2013/12/06/akuntansi/

http://windawidyaningsih.blogspot.co.id/2014/06/kemampuan-membaca-teks-bahasa-inggris.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v17i02.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics