Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol

Dewi Widianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR dalam memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial, institusional, komisaris independen dan komite audit dengan nilai perusahaan serta firm size sebagai variabel kontrol pada perusahaan pertambangan periode 2015-2016 yang terdaftar di BEI. Sampel penelitian terdiri atas 56 perusahaan dan dipilih secara purposive sampling (dengan kriteria tertentu). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan, kepemilikan manajerial (MOWN), kepemilikan institusional (INST), komisaris independen dan komite audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Secara parsial, kepemilikan manajerial dan komite audit yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel bebas lainnya (kepemilikan institusi dan komisaris independen) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada analisis variabel moderating dengan metode uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa secara simultan pengungkapan CSR dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial, institusi, komisaris independen serta komite audit terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, adanya variabel pengungkapan CSR dapat menguatkan atau memoderasi secara signifikan hubungan antara kepemilikan manajerial, institusi serta komite audit terhadap nilai perusahaan. Namun dapat memoderasi atau menguatkan tetapi tidak signifikan hubungan antara komisaris independen terhadap nilai perusahaan. Firm size sebagai variabel kontrol perlu dipertahankan karena berpengaruh positif signifikan pada kepemilikan manajerial, kepemilikan institusi, komisaris independen, serta komite audit terhadap nilai perusahaan.

Keywords


MOWN; INST; Komisaris Independen; Komite Audit; Firm Size; Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Claessens, S., Djankov, S., & Lang, L. H. (2000). The separation of ownership and control in East Asian corporations. Journal of financial Economics, 58(1-2), 81-112.

Dewi, L. C., & Nugrahanti, Y. W. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Dewan Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bei Tahun 2011-2013). KINERJA, 18(1), 64-80.

Dianawati, C. P., & Fuadati, S. R. (2016). Pengaruh Csr Dan Gcg Terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu & Riset Mana¬jemen, 5(1).

Fahmi, I. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multi-variat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indonesia Capital Market Direktory (ICMD) 2015.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of financial economics, 3(4), 305-360.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, Perpustakaan FE UNDIP).

Manik, T. (2011). Analisis pengaruh kepemilikan manajemen, komisaris independen, komite audit, umur perusahaan terhadap kinerja keuangan. JEMI, 2(2), 25-36.

Munawaroh, A. (2015). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibilty sebagai variabel mode-rating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(4).

Muryati, N. N. T. S., & Suardikha, I. M. S. (2014) Pengaruh Corporate Governance Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 425-429.

Nugroho, P. A. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Kepemi-likan Institusional, Set Kesempatan Investasi, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusa-haan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA)| Journal of Economics and Business Airlangga, 27(1).

Nuraina, E. (2012). Pengaruh Kepemilikan Insti-tusional dan Ukuran Perusahaan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 4(1), 51-70.

Nurlela, I. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI (3): 23-26. Padang.

Prastuti, N. K. K., & Budiasih, I. G. A. N. (2015). Pengaruh Good Corporate Gover-nance Pada Nilai Perusahaan Dengan Moderasi Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 114-129.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(2).

Rahma, A. (2014). Pengaruh Kepemilikan Mana-jerial, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Pendanaan Dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Priode 2009-2012). JURNAL BISNIS STRATEGI, 23(2), 45-69.

Rahmatia, T. L., & Andayani, A. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan: Tanggung Jawab Sosial Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(3).

Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh good corporate governance dan pengungka-pan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010). Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2).

Rustan, Said, D., Rura, Y. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Peru-sahaan: Kualitas Laba dan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Analisis Akuntansi. Vol. 3 No.1: 32-39. ISSN 2303-100X. Universitas Hasanudin.

Servaes, H., & Tamayo, A. (2013). The impact of corporate social responsibility on firm value: The role of customer awareness. Management science, 59(5), 1045-1061.

Sholekah, F. W. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Firm Size Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(3).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v19i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics