ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO

Muhammad Hasan Ma’ruf

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan dokter/perawat, ketersediaan fasilitas, layanan administrasi dan keuangan dengan kepuasan pasien yang berobat di RSUD Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kuantitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka sampel yang digunakan adalah pasien yang pernah berobat di RSUD Sukoharjo. Metodologi yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda. Melalui penelitian ini diketahui  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan yang meliputi layanan dokter/perawat, layanan fasilitas, layanan administrasi dan keuangan dengan Kepuasan Pasien di RSUD Sukoharjo. Dari hasil ini   RSUD Sukoharjo dapat  menentukan strategi pengembangan layanan untuk mencapai tujuan Rumah Sakit.

Kata Kunci : Layanan, Kepuasan Pasien, RSUD Sukoharjo


Full Text:

PDF

References


Assel, Henry, 1995, Consumer Behavior and Marketing Action, Fifth Edition, South Western College Publishing.

Engel, James F, et al, 1994, Perilaku Konsumen, Alih Bahasa: FX Budiyanto, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakarta.

Hadi, Sutrisno, 1991, Analisis Butir Untuk Instrumen, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogjakarta.

Hawkins, Del, et al, Consumer Behavior: Implication for Marketing Strategy, Sixth Edition, Irwin Inc. 1995.

Kottler, Philip, 1997, Management of Marketing: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, Prentice Hall Inc.

Kuncoro, Mudrajad, 2001, “Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi”, UPP AMP YKPN Yogyakarta.

Lane, P.M, and Linquist, J.D., (1988), Hospital Choice: a Summary of The Key Empirical and Hyphotetical findings of The 1980s, Journal of Healthcare Marketing, Vol.8, No.4

MacKenzie, Scott B., Richard J Lutz,George E.Belch, Mei 1986, The Role of Attitude Toward the Ad as a Mediator of Advertising Effectiveness: A Test of Competing Explanation, Journal of Marketing Research 23, 130-143.

Mano, Haim, Richard L.Oliver, Desember 1993, Assessing the Dimensionality and Structure of the Consumption Experience: Evaluation, Feeling, and Satisfaction, Journal of Consumer Research,Inc, 451-466.

McCharty, E.Jeromi, and William D Perreault, 1995, Essentials of Marketing, Fith Edition, Irwin.

Oliver, Richard L, Desember 1993, Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response, Journal of Consumer Research, Inc. Vol.20. 418-430.

Radiosunu, 1994, Konsep, Sistem dan Fungsi Manajemen Pemasaran, BPFE, Yogjakarta.

Riduwan, 2003, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Robbins, Stephen P, 1998, Perilaku Organisasi, Edisi Kedelapan, Versi Bahasa Indonesia, Pearson Education Asia.

Saleh, Samsubar, 1998, Statistik Induktif, Edisi Kedua, Liberty, Yogjakarta.

Santoso, Singgih, 2001, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Smith, Craig A, and Phoebe C. Ellsworth, 1985, Patterns of Cognitive Appraisal in Emotion, Journal of Personality and Social Psychology, 813-838.

Sudibyo, Bambang, (1997), Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecard: Bentuk, Mekanisme, Dan Prospek Aplikasinya Pada BUMN, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol 12, 2, 35-49.

Weiner, Bernard, 1986, An Attributional Theory of Motivation and Emotion, New York: Springer.

Westbrook, Robert A, 1987, Product/Consumption-Based Affective Responses and Postpurchase Processes, Journal of Marketing Research, 258-270.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v16i02.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics