MOTIVASI DAN PELATIHAN KERJA SEBAGAI DETERMINAN DALAM KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA RUMAH SAKIT DR. ESNAWAN ANTARIKSA LANUD HALIM PERDANAKUSUMA

Arif Tri Bawanto, Suprihati Suprihati

Abstract


Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik penelitian Random Sampling (pegawai dan masyarakat) di jadikan sampel diambil secara acak.

Berdasarkan hasil analisis Regresi di peroleh Y= 10,786 + 0,446X1 + 0, koefisien korelasi parsial bernilai positif antara variabel Motivasi Kerja terhadap variabel Kualitas Pelayanan Publik diperoleh nilai sebesar 0,743 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya kuat.  Dibuktikan melalui hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan nilai thitung sebesar = 2,507 > t0,05 (64) = 1,670, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai cukup bukti bahwa antara variabel Motivasi Kerja terhadap variabel Kualitas Pelayanan Publik ada pengaruh yang signifikan.  Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi parsial bernilai positif antara variabel Pelatihan terhadap variabel Kualitas Pelayanan Publik diperoleh nilai sebesar 0,893 sehingga dapat disimpulkan pengaruhnya sangat kuat. Dibuktikan melalui hasil uji hipotesis variabel Pelatihan  yang diperoleh yakni karena nilai thitung = 8,784 > t0,05 (64) = 1,670,maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai bukti, bahwa antara variabel Pelatihan terhadap variabel  Kualitas Pelayanan Publik ada pengaruh signifikan.  Berdasarkan hasil analisis secara simultan variabel Motivasi Kerja dan Pelatihan terhadap Kualitas Pelayanan Publikyang menghasilkan model Summary atau nilai R sebesar 0,894 memiliki nilai positif dan tingkat pengaruh sangat kuat sedangkan nilai R Square sebesar 0,798 atau 79,8%  hal ini dinyatakan kedua variabel independen tersebut dapat mempengaruhi variabel dependen sebesar 79,8%.  Dibuktikan dengan uji Fhitung diperoleh nilai sebesar 124,756 dimana lebih besar dari Ftabel (65) sebesar 2,750 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan variabel Motivasi Kerja dan Pelatihan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Rumah Sakit dr. Esnawan Antariksa Lanud Halim Perdanakusuma.

 

Kata kunci : Motivasi, pelatihan kerja,Kualitas pelayanan Publik


Full Text:

PDF

References


Abraham Maslow dalam Anwar Prabu Mangkunegara, 2005. Teori Motivasi, Badan Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Abraham Maslow dalam Susilo Martoyo, 2005. Teori Motivasi, Badan Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Abraham Maslow dalam Sondang P. Siagian, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit ALFABETA Bandung.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Badan Penerbit, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta.

Bambang Istianto, 2011, Manajemen Pemerinthan dalam Prespektif Pelayanan Publik, Badan Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Bedjo Siswanto Sastrohadiwiryo, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit Grasindo Gramedia Jakarta.

Faustino Cardoso Gomes, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit Andi,. Yogyakarta.

Feisal Tamin, 2009, Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Badan Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta.

Freddy Rangkuti, 2007, , Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelangan”, Badan Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gary Dessler, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Badan Penerbit PT. Prenhallindo. Jakarta.

George R. Terry dalam Winardi, 2008, Motivasi dan Disiplin dalam Manajemen. Badan Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Gouzali Saydam, 2006, “Manajemen Sumber Daya Manusia jilid 2″, Badan Penerbit PT. Gunung Agung, Jakarta

Hasibuan, Malayu S.P. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit PT. Gunung Agung, Jakarta.

Heidjrachman dan Suad Husnan, 2008, Manajemen Personalia, Edisi IV, Cetakan ke-7, Penerbit FE-UGM, Yogyakarta.

Hadari Nawawi , 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial, Badan Penerbit Gajah Mada Universitas Press, Yogyakarta.

Husein Umar, 2005. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Badan Penerbit Rajawali Pers. Jakarta.

I.G, Wursanto 2009, Manajemen Kepegawaian I, Badan Penerbit Kanisius, Yogyakarta

J. Supranto, 2011. Metodologi Ramalan Kuantitatif untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Badan Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

M. Manullang, 2008, Dasar-Dasar Manajemen, Badan Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mc. Gregor dalam Malayu SP. Hasibuan, Manajemen, 2007, Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mohkijat, 2008, Pengembangan Manajemen dan Motivasi, Badan Penerbit Pionis Jaya Bandung.

Moenir dalam Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Kebijakan Publik Yang Membumi. Badan Penerbit Lukman Offset & YPAPI. Yogyakarta.

Nana Sudjana, 2004, Teknologi Pengajaran, Badan Penerbit Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Ratminto & Atik, Septi Winarsih, 2010, Manajemen Pelayanan, Badan Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Riduwan, 2007, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Badan Penerbit, ALFABETA, Bandung.

Santoso, Singgih, 2006. SPSS Versi 21 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Badan Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sedarmayanti, 2008. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, Badan Penerbit Mandar Maju Bandung.

Soewarno Handajaningrat, 2004, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Penerbit Gunung Agung. Jakarta.

Sondang P. Siagian, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Sonny Harsono, 2004, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Badan Penerbit ALFABETA. Bandung.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, Badan Penerbit ALFABETA Bandung.

Susilo Martoyo, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3, BPFE, Yogyakarta.

Stoner dan Freeman, 2009, Management, Prentice-Hall, Inc: Englewood-Cliffs.

Tangkilisan, 2009, Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian, Badan Penerbit Gunung Agung. Jakarta.

T. Hani Handoko, 2007, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Badan Penerbit BPFE Yogyakarta.

Tjahya Supriatna, 2010, Manajemen Kepemimpinan, dan Sumberdaya Aparatur, Badan Penerbit. CV. Indra Prahasta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Zeitham, dan Berry dalam Freddy Rangkuti,. 2007, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelangan”, Badan Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v17i01.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics