PENGARUH PELIMPAHAN PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PEDESAAN DAN PERKOTAAN MENJADI PAJAK DAERAH TERHADAP REALISASI PENERIMAANNYA DI KABUPATEN KLATEN

Hadi Samanto

Abstract


Mengetahui pengaruh pelimpahan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dari pajak pusat menjadi pajak daerah Kabupaten Klaten dengan diikuti tingkat realisasi PBB-P2 dan target penerimaannya dalam subjek penelitian sehingga hasil yang didapatkan juga mencakup tersedianya data dan informasi terkait dampak pelimpahan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah data realisasi pendapatan pajak daerah di Kabupaten Klaten. Sedangkan sampelnya adalah data pendapatan pajak daerah selama kurun waktu tahun, yaitu dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel PBB berpengaruh positif dan signifikan terhadap pajak daerah. Pengalihan pemungutan PBB dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah Kabupaten Klaten ternyata berdampak positif, terbukti dengan peningkatan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga diharapkan dari pendapatan pajak daerah yang semakin meningkat akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Klaten.

References


Direktorat Jenderal Pajak Kementerian dan Keuangan Republik Indonesia. 2012. Pengalihan PBB Perdesaan dan Perkotaan.

Irham, A Tendri Esse, Samsul Bachri dan M. Halim. 2011. Pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palopo. Jurnal Equilibrium. 1 (1): 61-67.

Fauzan, Muhammad dan Muh. Didik Ardiyanto. 2012. Akuntansi dan Efektifitas Pemungutan BPHTB dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Daerah Di Kota Semarang Periode Tahun 2008 – 2011. Semarang: Diponegoro Journal Accounting. 1 (2):1 – 11.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan Ke Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Handayani, Witiya Tri, Sigit Santoso dan Sohidin. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Surakarta: Jupe UNS. 2 (3): 224 – 237.

Ismail Tjip, dkk. 2013. Analisis Dan Evaluasi Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v20i1.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics