Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan

M. Hasan Ma'ruf, Sri Supatminingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, tingkat pemahaman pajak, pelaksanaan sanksi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pajak dalam membayar pajjak bumi dan banunan (PBB). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling untuk 100 wajib pajak bumi di Sukoharjo yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner, yang berisi jawaban responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini, pertama: kesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan, kedua: tingkat pemahaman berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan, ketiga: pelaksanaan sanksi berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib bumi dan bangunan, yang keempat: kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Hasil penelitian menunjukkan juga bahwa kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, pemahaman pajak, dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan.

Full Text:

PDF

References


Biro Pusat Statistik. 20013. Kabupaten Sukoharjo Dalam Angka. Kabupaten Sukoharjo: BPS.

Ghozali, Imam.2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilyas, WirawanB dan Rhicard Burton. 2004. Hukum Pajak. Jakarta: SalembaEmpat.

Juniriadi. 2008. Analisis Realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Di Kabupaten Lampung Utara Tahun 2003-2007. Tesis Program Pasca Sarjana MM FE-Universitas Bandar Lampung: http://www.find-pdf.com/cari-pajak.html.

Mayulia, Tri.2009. Evaluasi Terhadap Potensi Pendapatan Daerah Dari Sektor Pajak Bumi Dan Bangunan(Studi Kasusdi Pemda Kabupaten Klaten). Skripsi FE-UMS: http://www.find- pdf.com/cari-pajak.html.

Payamta, Aryani dan Rahmawati. 1994. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban PBB. Penelitian Berkelompok Dana BRK Tahun 1994/1995.FE-UNS.

Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2000 Tentang Badan Perwakilan Desa.

Riyadi,Bagus. 2007.Pengaruh Faktor Tax Payer Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Hotel(Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Pungut Hotel di Surakarta). Skripsi FE-UNS : Tidak dipublikasikan.

Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soemitro, Rochmat dan Sofyan Effendi. 2010. Pajak Bumi dan Bangunan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suhardito,Bambang. 2006. Pengaruh Faktor-faktor Yang Melekat Pada Diri Wajib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB. Tesis FE-UGM. Tidak dipublikasikan.

Suhardito,Bambang danBambang Sudibyo.2010. Pengaruh Faktor-faktor Yang Melekat Pada Diri Wajib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB. SNA II: Ikatan Akuntan Indonesia.

Sularso, Sri. 2004. Buku Pelengkap Metode Penelitian Akuntansi : Sebuah Pendekatan Replikasi. Yogyakarta: BPFE.

Suranto.2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB Sektor Pedesaan di Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Skripsi FE-UNS: Tidak dipublikasikan.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Undang-undang Nomor 032 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan

Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 15 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan

Waluyo. 2002. Perpajakan Indonesia. Salemba Empat: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v20i2.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics