Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi

Devi Safitri, Sem Paulus Silalahi

Abstract


This research is aimed to examine empirically effect of fiscus service quality, tax regulation comprehension, and e-filing system implementation on Small Medium Enterprises (SMEs) Personal Taxpayer obedience, with taxation socialization as moderating variable. Research samples are Personal SMEs registered in Tax Service Office (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Pekanbaru Senapelan. Sampling method uses purposive sampling, and sample size measured by Slovin formula. Analysis method uses Multiple Regression Analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). Result of research shows that fiscus service quality and e-filing system implementation have no effect on taxpayer obedience partially, while tax regulation comprehension has significant effect on taxpayer obedience. Further, taxation socialization is failed to moderates the effect of fiscus service quality on taxpayer obedience. Taxation socialization is failed as well to moderates the effect of tax regulation comprehension on taxpayer obedience, and taxation socialization is failed to moderates the effect of and e-filing system implementation on taxpayer obedience.

Keywords


E-filling Implementation, Fiscus Service Quality, Taxpayer Obedience, Tax Regulation Comprehension.

Full Text:

PDF

References


Adiasa, N. (2013). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Moderating Preferensi Risiko. Accounting Analysis Journal, 2(3), 345–352. https://doi.org/10.15294/aaj.v2i3.2848

Agustiningsih, W. (2016). Pengaruh Penerapan E-Filing , Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Jurnal Nominal, 5(2), 107–122. https://doi.org/10.21831/nominal.v5i2.11729

Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 62–71. https://doi.org/10.31849/jieb.v14i1.871

Artiningsih. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Badan dan Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Sleman. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dharma, G. P. E., & Suardana, K. A. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 340–353.

Dwikora, H. (2013). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Erawati, T., & Ratnasari, R. (2018). Pengaruh Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan SPT Tahunan Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24964/ja.v6i1.427

Fuadi, A. O., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Biaya Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review, 1(1), 18–27.

Handayani, K. R., & Tambun, S. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Dengan Sosialisasi Sebagai Variabel Moderating. Media Akuntansi Perpajakan, 1(2), 59–73.

Husnurrosyidah, & Suhadi. (2017). Pengaruh E-Filing , e-Billing dan e-Faktur Terhadap Kepatuhan Pajak pada BMT Se-Kabupaten Kudus. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 1(1), 97–106.

Jatmiko, A. N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis. Magister Akuntansi Unisversitas Diponegoro.

Masruroh, S., & Zulaikha. (2013). Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 2(4), 1–15.

Megawangi, C. A. M., & Setiawan, P. E. (2017). Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(3), 2348–2377.

Prajogo, J. N., & Widuri, R. (2013). Pengaruh Tingkat Pemahaman Peraturan Pajak Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, dan Persepsi Atas Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Wilayah Sidoarjo. Tax & Accounting Review, 3(2), 1–12.

Rahayu, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dewantara. Akunansi Dewantara, 1(1), 15–29. https://doi.org/10.29230/ad.v1i1.21

Rahayu, S. K., & Suhayati, E. (2010). Perpajakan, Teori, dan Teknis Perhitungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmanto, B. W. (2015). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Denda, dan Kesadaran Wajib Pajak, terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Pada Tahun 2014. In Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Resmi, S. (2012). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Resmi, S. (2017). Perpajakan: Teori dan Kasus (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Y. A., Saryadi., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak di Semarang Tengah). Julnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–9.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, M., Almunawwaroh, M., & Marliana, R. (2015). Pengaruh Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Tasikmalaya. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 15(1), 49–64.

Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 1–14.

Suryadi, I., & Sunarti. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Administrasi dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Memenuhi Kewajibannya (Studi PPh Pasal 21 pada KPP Pratama Singsosari). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 1–10.

Susmita, P. R., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Penerapan e-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1239–1269.

Winerungan, O. L. (2013). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Blitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1(3), 960–970.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v20i2.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics