PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KERAJINAN DAN UMUM DI KABUPATEN SUKOHARJO

Hadi Samanto

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh industry kerajinan dan umum serta pola pembinaan untuk dapt berkembang dengan baik. Sedangkan daerah yang dipilih adalah Kabupaten Sukoharjo karena daerah ini potensi untuk industry sangat besar dan berada di dekat Kotamadya Surakarta sehingga dapat berkembang dengan pesat seiring dengan dicanangkannya Wilayah Surakarta sebagai kota gerbang Internasional bagian selatan untuk Jawa Tengah.

            Data yang diperlukan berasal dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan sebagai data sekunder, sedangkan data primer didapatkan dari hasil wawancara yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu wawancara dilakukan di tempat uasaha bagi industry kecil, sehingga sambil wawancara dapat dilakukan pula pengamatan langsung mengenai aktivitas perusahaan.Tehnis anaisa data dilakukan dengan : (1) anaisa kualitatif, yaitu analisa dari keterangan – keterangan diperoleh; (2) analisa kuantitatif, yaitu analisa yang didapatkan dari tabulasi sehingga didapatkan dari tabulasi sehingga didapatka kesimpulan dari penelitian.

            Hasil pembahasan penelitian diketahui bahwa proyek usaha untuk berkembang untuk industry pangan sebesar 60%,industry bahan bangunan bangunan 80% dan industry kerajinan kayu sebesar 70%.

Program bapak angkat yang berkaitan dapat dibedakan menjadi keterkaitan produksi dan non produksi. Keterkaita produksi dapat mengambil dua bentuk, yaitu: (1) berupa pembelian produksi industry kecil sebagai input industry besar (pola sub kontrak); (2) Keterkaitan antara usaha kecil dengan usaha perdaganga yang lebih besar (pola dagang); (3) Keterkaitan non produksi dapat berupa pembelian produk-produk usaha “anak” yang hanya sebagai unsure pendukung usaha “bapak”.

Kedua pola keterkaitan (sub kontrak dan dagang) pada prinsipnya dapat sangat menunjang usaha kecil. Keterkaitan antara industry kecil dengan pedagang yang lebih besar akan sangat menguntungkan industry kecil karena pemasaran lebih menjamin.

Perubahan yang terjadi dengan munculnya kebijakan aanya kemitraan antara pengusaha kecil dengan pengusaha besar dalam bidang modal dan manajemen.

Kata Kunci : Pengembangan, Kerajinan, Umum. Sukoharjo


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v13i01.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics