PERAN WADUK GAJAH MUNGKUR TERHADAP PERTUMBUHAN SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN SRAGEN

Suprihati Suprihati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Waduk Gajah Mungkur terhadap pertumbuhan sektor pertanian khususnya pada tahun irigasi teknis di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen dan konversi lahan pertanian ke lahan non pertanian di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, dokumen dan lapangan. Metode analisis digunakan adalah kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Waduk Gajah Mungkur terhadap pertumbuhan sektor pertanian khususnya pada tahun irigasi teknik di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen sangat penting diantaranya mengatasi dampak dari kemarau panjang, meningkatkan produksi padi hal ini dikarenakan adanya perubahan pola tanam dalam satu tahun yaitu padi – padi – palawijo, dan adakalanya diseling dengan tanaman tebu. Dalam hasil penelitian ditemukan adanya perbedaan yang signifikan hasil produksi padi sebelum dan sesudah menggunakan irigasi teknik. Konversi lahan pertanian ke lahan non pertanian di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun 2002 ke 2011 diketahui jenis penggunaan lahan yang meningkat cukup menonjol yaitu untuk industri menunjukkan angka 149 Ha atau 3,38 % dari konversi yang terjadi pada waktu tersebut, begitu juga perumahan 27,41 %. Sedangkan yang berkurang sawah seluas 292 Ha dan tegalan seluas 19 Ha. Dampak yang terjadi akibat konversi lahan pertanian ke non pertanian di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen antara lain adanya degradasi daya dukung ketahanan pangan dan pendapatan pertanian menurun dan meningkatnya kemiskinan masyarakat.

Kata kunci :     Peran Waduk Gajah Mungkur, Sektor Pertanian, Konversi Lahan Pertanian ke Nonpertanian


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v14i02.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics