Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Kartu Skor Berimbang

Sri Laksmi Pardanawati, Rukmini Rukmini, Muhammad Luthfi Nur Fatyasin

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of partially and simultaneously financial perspective, customer perspective, internal business perspective, growth perspective and learning on the performance of PT Parama.This research uses a quantitative descriptive approach, with a sample of 33 respondents. Primary data were obtained from questionnaires filled out with questionnaires that had previously been tested for validity and reliability. Data analysis techniques using multiple linear regression analysis. The research results partially obtained financial perspective variables partially affect the performance of PT Parama's company, customer perspective variables partially affect PT Parama's corporate performance, internal business process perspective variables partially affect PT Parama's company performance, growth perspective and learning variables influence partial to the company's performance of PT Parama. The results simultaneously obtained financial perspective, customer perspective, internal business perspective, learning perspective and growth simultaneously influence the performance of the company PT Parama
Keywords:Balanced Scorecard, financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, learning and growth perspective, corporate performance

Full Text:

PDF

References


Darwanto, Agus. 2010. “Analisis Kartu Skor Berimbang sebagai Alat Ukur Kinerja Pada PT Sepatu Asia”. Jurnal S1 Universitas Gunadarma.

Faishol, Ahmad. 2016. “Analisis Pengaruh Penerapan Kartu Skor Berimbang terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PDAM Lamongan)”. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan.

Fatmanelly. 2010. “Analisis Kinerja RSUD dr.Anand WD tahun 2010 dengan Metode Balanced Scorecard”. Jurnal.

Hanuma, S., Kiswara, E. 2011. Analisis Kartu Skor Berimbang Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan ( Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor). Undergraduate thesis. Universitas Diponegoro.

Hartati. 2012. Pengukuran Kinerja RSUD DR. Moerwadi Surakarta dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Thesis.

Kaplan, Robert S & David P Norton. 2000. Balanced Scorecard. Erlangga.

Kasnawati. 2011. Pengaruh Penerapan Kartu Skor Berimbang Terhadap Kinerja Manajemen PT. Bank Danamon Indonesia TBK Cabang Pondok Indah Jakarta Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kurniawanto, Hudi. 2013. “Pengaruh Keempat Perspektif Kartu Skor Berimbang Terhadap Kinerja Seka Swalayan Sragen”. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana Sragen.

Novella Aurora. (2010). Penerapan Kartu Skor Berimbang Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja RSUD Tugu Rejo Semarang. Skripsi.

Nugroho, Wayan Aditya. 2013. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balance Scorecard (Studi Kasus PT. Wijaya Karya). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Mulyadi.2009. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Melvia, Afira. 2009. “Penerapan Kartu Skor Berimbang sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II cabang Tanjung Priok”. Jurnal Universitas Gunadarma. Jakarta.

Tunggal, Amin Widjaja. 2003. Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard. Harvarindo. Jakarta.

Wahyuni, Sri. 2011. Analisis Kartu Skor Berimbang sebagai alat Pengukuran kinerja pada PT. Semen Bosowa Maros. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hassanudin.

Widodo, Iman. 2011. Analisis Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Kartu Skor Berimbang studi kasus pada Perusahaan Mebel PT Jansen Indonesia. Semarang : Universitas Diponorogo Semarang.

Yunitasari, Erna Dwi. 2016. Pengaruh Penerapan Kartu Skor Berimbang terhadap Kinerja Manajemen Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Yuwono, Sonny. 2004. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

http://dataolah.blogspot.co.id/2012/08/regresi-berganda-uji-f-uji-t-dan.html

http://edhakidam.blogspot.com/2012/11/populasi-dan-sample.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v21i1.795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics