Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Anggota Kepuasan KJKS BMT Tumang, Kabupaten Boyolali

Harun Santosa, Ulul Azmi Mutofa

Abstract


Jasa Keuangan syariah yang lebih dikenal dengan Baitul Maal Wat-Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan dalam bentuk koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh reliability, compliance, empathy, reponsivenes terhadap kepuasan anggota KJKS BMT Tumang Kabupaten Boyolali. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner sebanyak 125 sampel dari anggota KJKS BMT Tumang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dari penelitian ini didapat bahwa reliability, compliance, secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan anggota KJKS BMT Tumang Kabupaten Boyolali, sementara empathy dan reponsivenes secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan anggota KJKS BMT Tumang Kabupaten Boyolali.

 

Saran sitasi: Santosa, H., & Mutofa, U. (2017). Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Anggota Kepuasan KJKS BMT Tumang, Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(03), 167-172. doi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i03.112


Keywords


Reliability; Compliance; Empathy; Reponsivenes; Kepuasan anggota.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip. Semarang

Husein, Umar, (2005). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Jobs, A. (2007). The Economic of Islamic Finance and Securitization. Forthcoming in The Journal of Structured Finance Vol.12 (1)

Kotler, P dan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary,( 2007). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Muhammad, (2011). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta

Pardana, S.R. (2015). Analisis Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT BPR Dana Mulya Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Pajak.Vol.15 (2):106-117

Ramdhani, M.A. (2011). The Infuence of Service Quality Toward Customer Satisfaction Of Islamic. Journal of Basic and Aplied Sciences Australian. Vol.5 (9): 1099-1104

Sadi, (2015). Perbankan Syariah. Yogyakarta: Citra Intrans Selaras

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, edisi 3.Yogyakarta: Andi

Wibowo, M. (2014). Perilaku Konsumen Syariah di KJKS/BMT Tumang Kabupaten Boyolali. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.Vol.3(2): 83-96

Wijayanti, RW. (2009). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Loyalitas Anggota pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem. Jurnal Analisis Manajemen. Vol.3(2):129- 147

Zafar, Mohsin and Zafar, Sana and Asif, Aasia and Hunjra, Ahmed Imran Imran and Ahmad, H. Mushtaq, (2012). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: An Empirical Analysis of Banking Sector in Pakistan (August 16, 2012). Information Management and Business Review, Vol. 4, No. 3, pp. 159-167, Apr 2012. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=2130359




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i03.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. web
analytics