Pengaruh Persepsi Anggota Pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust Yang Berdampak Pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo)

Iin Emy Prastiwi

Abstract


Pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang lembaga keuangan syariah akan mempengaruhi pandangannya terhadap lembaga keuangan syariah tersebut yang berdampak pada keputusan masyarakat dalam menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan mengambil lokasi pada BMT Amanah Ummah di Sukoharjo. Peneitian ini mengambil sampel sebanyak 190 data. Pengujian instrumen dengan, uji sub-struktur I, II, dan III kemudian dianalisis dengan Path Analysis. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh persepsi anggota pada sharia compliance, komitemen agama dan atribut produk Islam masing-masing berpengaruh secara signifikan dan terhadap keputusan menggunakan jasa lembaga keuangan syariah.

Saran sitasi: Prastiwi, I. (2018). Pengaruh Persepsi Anggota Pada Sharia Compliance, Komitmen Agama Dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust Yang Berdampak Pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo).Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 28-40. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v4i1.162


 


Keywords


Persepsi Sharia Compliance; Komitmen Agama; Atribut Produk Islam; Customer’s Trust; Keputusan, Path Analysis.

Full Text:

PDF

References


Al Tarawneh, Hussien Ahmad. (2012). The Main Factors beyond Decision Making. Journal of Management Research. Vol.4 No.1. Bussiness Administration Faculty, Islamic International University

Antonio, Muhammad Syafei. (2007). Bank Syari’ah dan Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.

Ashraf, Samren., Robson, Julie.,dan Sekhon, Yasmin (2015). Consumer Trust And Confidence In The Compliance Of Islamic Banks. Journal of Financial Services Marketing, 20(2), 133-144.

Asraf, M. Saleh Lubis dan Erdawati. (2017). Religiusity Moderation On The Effect Of Sharia Label Equity In Decision Of Selecting Sharia Bank Mandiri Product In West Pasaman. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi, Vol. 2, No.1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman Simpang Empat

Atmoko, Widodo Dwi. (2016). Pengaruh Persepsi Anggota pada Sharia Compliance, harga jual dan tingkat margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah di BMT Binamas Cabang Kutoarjo. Skripsi publikasi ilmiah. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

El Junusi, Rahman. (2009). Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kota Semarang. Annual Conference on Islamic Studies (ACIS). 2-5 November 2009. Surakarta.

Hamid, Abdul. (2007). Pedoman Penulisan Skripsi. Jakarta: FEIS UIN Syarif Hidayatullah

Khairani, Siti. (2015). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP): Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. Edisi ke 14.

Ma’arif, Saiful. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah: Studi Kasus di Bank Mandiri Cabang Boyolali. Skripsi publikasi ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rahmawaty, Anita. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang. Jawa Tengah: STAIN Kudus. Jurnal ADDIN, Vol.8, No.1

Riduwan, dan Kuncoro, Engkos Achmad. (2013). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. Cetakan kelima.

Septyaningsih, Iit dan Raharjo, Budi. (2017). Survei OJK, Pemahaman Masyarakat Terhadap Keuangan Syariah Masih Rendah. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/17/01/24/okae67415-survei-ojk-pemahaman-masyarakat-terhadap-keuangan-syariah-masih-rendah diunduh pada tanggal 28 Agustus 2017 jam 13:04

Sofiyah. (2015). Pengaruh persepsi anggota pada syariah compliance dan margin terhadap keputusan pengambilan pembiayaan murabahah (Studi Kasus Di BMT Indoarta Syariah Temanggung, BMT Bima Magelang, dan BMT Anda Salatiga). Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga

Standar AAOIFI (2003) tentang Standar Pemerintahan Lembaga Keuangan Islam No.1 mengenai Dewan Pengawas Syariah

Temitayo Ahmed, Maryam dan Omotunde, Habeeb. (2012). Theories And Strategies of Good Decision Making. International Journal Of Scientific and Technology Research. Vol 1. Issue 10. Malaysia: University of Nottingham Malaysia and Universiti Teknologi Malaysia

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

Wahyuningsih, Sri. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Syariah Compliance, dan Persepsi akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs jejaring Sosial. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v4i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. web
analytics