Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Pendapatan dan Umur Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal

Firman Hidayat, Kayati Kayati

Abstract

ABSTRACT
The capital market in Indonesia has a large role in the country's economy. Meanwhile, investors in the capital market are still low when compared the total population of Indonesia, which is only 0.4% of the total population. Meanwhile, in Cirebon City, the number of capital market investors in Cirebon City, is around 0.025%. Therefore, the low investment interest in Cirebon City is supposed to increase investment interest. The method in this research is quantitative research using an indepth survey. The results showed that socialization, knowledge and age had a positive significant effect on interest investing in capital market.

Keywords: Interesting, Knowledge, Socialization, Stocks

ABSTRAK
Pasar modal di Indonesia memiliki peran besar dalam perekonomian negara. Akan tetapi investor yang ada di pasar modal masih cukup rendah jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yaitu hanya 0.4% dari seluruh penduduk Indonesia Sementara itu, di Kota Cirebon Jumlah investor pasar modal yang ada di kota Cirebon sekitar 0,025%. Oleh karena itu, rendahnya minat investasi di Kota Cirebon diduga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan minat investasi. Metode penelitian ini berupa kuantitatif menggunakan survey indepth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi, pengetahuan dan usia berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal.

Kata Kunci: Minat, Pengetahuan, Saham, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Artanti, D. A. (2017). Galeri Pacu Literasi Pasar Modal Syariah di Cirebon. Okezone.Com.

Badan Pusat Statistik Nasional. (2018). Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2018. Http://Datastatistik-Indonesia.Com.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS (7th ed.). semarang: undip.

Kencana, M. R. B. (2017). 95 Persen Transaksi Pasar Modal Ada di Jabodetabek. Liputan 6.

Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2011). PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT INVESTOR PADA EFEK SYARIAH DI PASAR MODAL (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal Account, 423–433. Retrieved from http://akuntansi.pnj.ac.id/upload/artikel/files/SabarWaarsiniJuni2016.pdf

Listyani, T. T., Rois, M., Prihati, S., Studi, P., Analis, D., Akuntansi, J., … Tengah, J. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi , dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investas Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang ). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan/Vol. 2, No 1, 2(1), 49–70.

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 61. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693

Saputra, D. (2018). Pengaruh manfaat, modal, motivasi dan edukasi terhadap minat dalam berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, Vol.5 (2)(2), 178–190.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius. https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222260306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.