KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KEPERCAYAAN, E-SERVICE QUALITY, DAN CELEBRITY ENDORSER (Study Kasus Pengguna Aplikasi Shopee)

Hikmatul Laili, Sudarwati Sudarwati, Burhanudin Ahmad Yani

Abstract


Penelitiannini bermaksud guna mengetahuippengaruhkkepercayaan, e-service quality, danncelebrity endorser terhadap keputusannpembeliannonline padaapengguna aplikasi Shopee.Jenis penelitian yaitu kiantitatif dengan pendekatan deskriptif.Waktu penelitian bualan Februari sampai Juni 2020. Populasiidalam penelitian ini merupakansseluruh pengguna aplikasi Shopee. Sampel berjumlah 91 responden. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampling incidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.iMetodeaanalisismmenggunakangregresi linierkberganda5dengan6Software5SPSS6versi 21. Berdasarkan hasil uji FHhasil penelitian5kepercayaan,ee-service quality, dan celebrity endorserbberpengaruh simultan dan signifikannterhadapakeputusan pembelian online pada pengguna aplikasi Shopee. Proporsi variabel dependen (keputusannpembelianoonline) yang diterangkan variabel independen((kepercayaan,de-service quality, dan celebrity endorser) sebesar 45%. Selain itu proporsi variabel independentlainnya 65%, dapat dijelaskan denganxvariabelglainhyangutidakkadafdalam penelitian ini.

Kata kunci : kepercayaan,je-service quality,zdan celebrity endorser, keputusanm pembelianxonline.



DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i02.1172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.