KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI HARGA, LOKASI DAN INOVASI PRODUK PADA MOTOR YAMAHA (Studi Pada Dealer Motor Yamaha Nusukan Surakarta)

Andre Pradana, Sarsono Sarsono, Sudarwati Sudarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan harga, lokasi dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan pada delaer motor Yamaha nusukan (2) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan (3) Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan (4) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan. Penelitianaini merupakanapenelitian kuantitatif.aPopulasi padaapenelitian ini adalahaseluruh pelangganayang pernahamembeli 2 kali produk/jasa di dealer motor Yamaha nusukan surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknikapengumpulan data menggunakanakuesioner yangatelah diauji validitasadan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, lokasi dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada delaer motor Yamaha nusukan, hargaaberpengaruh terhadapakepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan, lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan, inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan didealer motor yamaha nusukan.

Kata Kunci: Harga, Lokasi, Inovasi Produk, Kepuasan.

References


Avetoe, H. dan Lamidi. 2015. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No. 3 : 367 – 373.

Basu Swastha, 2002, Manajemen Pemasaran, Liberty, Yogyakarta.

Ehsani, Z and Ehsani, M. H., 2015. Effect of Quality and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Service Sciences, Management and Engineering. No.1.Vol 5. pp.5256.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Quality dan Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller, KL. Manajemen Pemasaran: Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Indeks, 2007.

Kotler. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid Dua. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, Chandra. 2005. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kesatu.PT.Remaja Rosdakarya.Bandung.

Zeithaml, V.A.1988. Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing Vol.52. pp.2-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i02.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.