KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DARI KERAGAMAN PRODUK, STORE ATMOSPHERE DAN STORE IMAGE (Studi Kasus Pada Pengunjung Minimarket Nur Arif Ngemplak Boyolali)

Andri Wibowo

Abstract


Tujuan penelitan ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh keragaman produk, store atmosphere dan store image terhadap keputuan pembelian konsumen pada Minimarket Nur Arif Ngemplak Boyolali. Populasinya yaitu seluruh konsumen Minimarket Nur Arif Ngemplak Boyolali. Sampel yang digunakan sejumlah 100 orang dengan metode accidental sampling. Metode analis data penelitian adalah analisis linier berganda. Hasilnya variabel bebas berpengaruh secara bersamaan dengan variabel terikat memiliki siginfikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial keragaman produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian memiliki siginfikansi 0,001 < 0,05. Store Atmosphere memiliki signifikansi 0,001 < 0,05 berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Signifikansi store image sebesar 0,000 > 0,005 sehingga keputusan pembelian dipengaruhi oleh store image.

Kata kunci : Keragaman Produk, Store Atmosphere, Store Image dan Keputusan Pembelian

References


Anggraeni, Jenni, Patricia dhiana paramita, dan M Mukery Warno. (2016).“pengaruh keanekaragaman produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap dap impulse buying di butik cassanova semarang.” Journal of management.

Arianto, Nurmin dan Eramaya Patilaya. (2018: 143-154). “pengaruh kualitas produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk salt n pepper pada pt mitra busana sentosa bintaro.” Jurnal kreatif : pemasaran, sumberdaya manusia dan keuangan.

Azhari, Mila, Naili Farida, dan Saryadi. (2014: 1-10). “pengaruh store image, store atmosphere, brand association, dan brand awarness terhadap keputusan pembelian ulang (repurchase) (studi pada konsumen the body shop di java mall semarang).” Diponegoro journal of social and politic.

Halim, Abd. (2016: 116-131). “pengaruh store atmosphere, store image, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian di toko buku gramedia cabang gajah mada medan (studi kasus pada mahasiswa kedokteran methodist medan).” Jurnal ecobisma.

Hidayat, Rachmad dan Atsari. (2019: 17-29). “pengaruh atmosfer toko, lokasi dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada planet ban margonda raya, depok.” Jurnal ilmu manajemen.

Istiatin. 2018. Metodologi penelitian.surakarta : uniba

Kotler, Philip. 2002. Marketing management. New jersey: the millennium edition, prenticehall international edition.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen pemasaran, edisi ketiga belas, jilid satu, erlangga, jakarta.

Kusherawati, Indah, Sri Widyanesti, dan Khairani Ratnasari Siregar. (2015: 1625-1629).“the influence of store layout and interior displays against a purchase decision (in kfc fast food bandung, indonesia).” International journal of science and research (ijsr).

Listyawati, Indri hastuti. (2017: 50-59). “pengaruh lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan beli konsumen di pamella empat yogyakarta.” Jbma.

Maharta, Gede Wahyu, Made Ary Meitriana dan Anjuman Zukhri. (2018: 179-188). “pengaruh store image terhadap keputusan pembelian kosumen pada krisna 5 singaraja.” Jurnal pendidikan ekonomi undiksha.

Maryam. 2011. Statistik induktif.surakarta : uniba

Masibbuk, Ita, Silcyljeova Moniharapon dan Imelda w.j Ogi. (2019: 411-420).“pengaruh kelengkapan produk, kualitas layanan dantata letak terhadap keputusan pembelian ( studi kasus pada golden pasar swalayan di kota manado ).” Jurnal emba.

Peter,j.P.,& Olson,j. C.(2000). Consumer behavior:perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Terjemahan damos sihombing. Jakarta: jilid 1 edisi 4 erlangga.

Prastika, Reza Dani dan Sugiono. (2017: 36-47). “pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian pada leopard cafe way jepara lampung timur.” Jurnal dinamika.

Purwati, Astri Ayu, Yusrizal dan Indah Cipta Ramadhani. (2019: 22-36). “pengaruh life style, kualitas produk dan store image terhadap keputusan pembelian.” Journal of management and bussines.

Putri, Adriana Lantika dan Augusty tae Ferdinand. (2016: 1-13). “analisis pengaruh citra toko dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada toko h.a laury di semarang.” Diponegoro journal of management.

Putri, Lily Harlina, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. (2014: 1-9). “pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (studi pada monopoli cafe and resto soekarno hatta malang).” Jurnal administrasi bisnis.

Rahmat, Madjid. (2014: 11-19). “international journal of science and research (ijsr).” International journal of humanities and social science invention.

Riskalla, Nosica dan Leis Suzanawaty. (2012: 90-99) “the effect of store image and service quality on private labell brand image and purchase intention case study : lotte mart gandaria city.” Asean marketing journal.

Schiffman, g. L., & Kanuk, l. L. (2008). Consumer behaviour. New jersey: prentice hall.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung : alfabeta.

Waloejan, Nia Anggreini. (2016:1200-1219). “the influence of store atmosphere on consumer purchase decision at kawan baru restaurant mega mas manado.” Jurnal emba.

Widodo, Tri. (2016: 94-116). “pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.” Among makarti.

Wu, Chih-yi dan Chien-ping Chung. (2016: 33-49). “the effects of store atmosphere and sales promotion on purchase intention.” Business research review.

Yanto, Dafed Triwahyudi Apri. (2013: 1117-1129). “pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada minimarket alfamart kamal.” Jurnal ilmu manajemen,




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i02.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.