ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLI AHM (STUDI KASUS DI SUKOHARJO)

Muhammad Difa’uddin Al Fuady, Sudarwati Sudarwati, Supawi Pawenang

Abstract


Loyalitas konsumen sangat diperlukan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Kualitas produk kemudian brand image serta brand trust adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Mengetahui pengaruh secara simultan serta parsial variabel terikat yaitu loyalitas konsumen oli AHM berdasarkan variabel bebsas yaitu antara lain kualitas produk, brand image dan brand trust adalah tujuan dari penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden pengguna oli AHM di Sukoharjo. Dalam menjalankan penelitian ini, peneliti menggunakan analisia linier regresi berganda. Hasilnya variabel bebas yaitu antara lain kualitas produk, brand image dan brand trust secara simultan ataupun secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yakni loyalitas konsumen. Variabel kualitas produk serta brand trust secara parsial ataupun secara terpisah berpengaruh positif dan juga signifikan terhadap loyalitas konsumen oli AHM di Sukoharjo. Sedangkan variabel brand image secara parsial atau secara mandiri tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen oli AHM di Sukoharjo.

Kata kunci : Kualitas produk, Brand image, Brand trust dan Loyalitas konsumen

References


Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Edisi revisi 2010. Jakarta : Rineka Cipta

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Azwar, Saifuddin (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Basuki. 2016. Analisis regresi dalam penelitian ekonomi dan bisnis (dilengkapi aplikasi spss dan e- viewes). Depok: RajaGrafindo Persada

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel.

Dewi, K., N., Andri, G., dan Yonaldi, S., 2012. Pengaruh iklan, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion di kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 3 (2) : 11 – 29

Durianto,Sugiarto dan Tony Sitinjak, 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka.

Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu. Jilid 1. Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing. Edition 16. Nortwestern University, University of North Carolina.

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1dan 2 . Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012 “Marketing Management”, 14th edition. New Jearsey : Presentice Hall

Kotler, Philip., & Armstrong, G (2012). Principle of marketing. Upper Saddle River, N.J: Pearson Prentice all.

Kusumawati, A., Suharyono, dan Kurniawati, D., 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kfc Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 14 (2) : 1 – 9

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.

Pongoh, M., E., 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA. 1 (4) : 86 - 94

Pradita, D., A., A., 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT Pertamina (Persero) Enduro 4T Di Makassar. 1 – 71

Purnomo, B. B. 2011. Dasar-dasar Urologi. Edisi 3. Jakarta: Sagung Seto.

Putri, A., dan Kresnamurti, A., 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Oli Federal Di Wilayah Jakarta Timur (Studi Kasus Pada Bengkel Resmi Ahass 2657 Dewi Sartika). Econosains. 10 (1) : 1 - 14

Rahayu, D., D., 2018. The influence of Experiential Marketing and Brand Trust on Customer Satisfaction and Customer Loyalty Hotel Aryaduta Pekanbaru. International Conference on Technology, Education, and Social Science. 1 – 11

Rahi, S., 2016. Impact of Customer Value, Public Relations Perception and Brand Image on Customer Loyalty in Services Sector of Pakistan. Arabian Journal of Business and Management Review. 1 – 6

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Reynaldi, H., G., dan Suprapti, N., W., S., 2017. Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan mobil merek ‘Honda’ di kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. 6 (1) : 375 – 401

Robustin, P., T., 2015. Pengaruh augmented product terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen dalam membeli motor Yamaha mio di Dealer Kencong Jaya Motor. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 9 (1) : 1 – 16

Rosmawati, P., dan Pratiwi, H., 2018. Effect Of Price, Promotion, Brand Trust, And Customer Satisfaction On Customer Loyalty In Packaging Products Mineral Water Aqua. 1 – 14

Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Siti, F., 2014. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi. 1 – 17

Siyoto. S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian (Cetakan ke-17). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta. Bandung

Sulaiman, Yunus, M., dan Puspita, R., 2017. Pengaruh Faktor Sosial, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telepon Selular (Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Di Kota Banda Aceh). Jurnal Magister Manajemen. 1 (1) : 46 – 58

Swasta, Basu dan Handoko, T. Hani . 2007. Manajemen Pemasaran:Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono Fandy, 2007, Strategi Pemasaran, Andy Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2015 . Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Wibowo, Manajemen Kinerja, (Jakarta; Rajawali Pers , 2010), h.138

Winarno. 2013. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang (UM PRESS)

Yulianto, E., dan Lestari, A., 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 54 (1) : 74 – 81

Yunanto, A., Setyawati, S., M., dan Ardhiansyah, N., 2019. Impact Of Brand Trust On Customer Satisfaction And Customer Loyalty. International Conference on Rural Development and Enterpreneurship. 5 (1) : 288 – 293

Yusr, M., M., dan Azizan, N., S., 2019. The Influence Of Customer Satisfaction, Brand Trust And Brand Image Towards Customer Loyalty. International Journal of Entrepreneurship and Managemen




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i02.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.