UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAWANGSARI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Suyadi Suyadi

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Strategi Cooperative Learning Teknik Jigsaw  Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah khususnya materi perkembangan masyarakat dan kebudayaan di Indonesia yang bercorak Islam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tawangsari Sukoharjo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian meliputi: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi langsung, tes dan mencatat dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) teknik jigsaw dapat meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah dari rata-rata nilai 75,44 dengan ketuntasan belajar 79,41%  pada siklus I menjadi 79,56 dengan ketuntasan belajar 97,06 pada siklus II.

Kata kunci: prestasi belajar, strategi cooperative learning, teknik jigsaw


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suharjono; Suparti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

_______. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Dewanto. 1995. Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ghazali, A. Syukur. 2002. Metode Pengajaran Sastra dengan Strategi Belajar Kooperatif. Magelang: Indonesia Tera.

Hamalik, Oemar. 1986. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Martiana.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Aditya Media.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mudjiono 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Sardiman, A.M. 1997. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sartono Kartodirdjo. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia

Sopandi. 1992. Peranan Guru dalam Proses Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud

Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Wardami, I.G.A.K.; Kuswaya Wihardit; Noehi Nasoetion. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i02.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :