PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK KEUANGAN DAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH

Ferlangga Al Yozika, Nurul Khalifah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan inovasi produk keuangan dan perbankkan syariah dalam rangka untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah atau konsumen yang telah ada serta untuk meningkatkan perluasan pasar yang masih terbuka lebar bagi kemajuan keuangan dan perbankan syariah di Indonesia. Metode yang digunakan dengan metode literasi dari berbagai sumber-sumber yang dapat dipercaya, seperti jurnal-jurnal penelitian sebelumnya, buku, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi produk perbankan syariah salah satunya adalah mengembangkan pembiayaan ke sektor korporasi dengan cara menerapkan 1) pembiayaan sindikasi, yakni pembiayaaan yang diberikan kepada satu mudharib atau debitur oleh bank-bank yang tergabung dalam satu kerjasama (musyarakah). 2) Inovasi dengan Trade Finance, fasilitas yang diberikan untuk membiayai kegiatan perdagangan debitur yang berkaitan dengan transaksi perdagangan luar negeri (ekspor-impor) maupun dalam negeri (jual beli). 3) Produk pengelolaan kas. 4) Pembiayaan Start up, adalah usaha dengan menggunakan basis teknologi informasi untuk produknya. 5) Business Development, yaitu salah satu fungsi manajemen perusahaan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.

Kata kunci: inovasi produk, keuangan dan perbankan syariah, kepuasan nasabah


Full Text:

PDF

References


Hudaya, Riandra Fata. (2011). Strategi Inovasi Produk PT. Bank Panin Syariah Tbk dalam Meningkatkan Daya Saing Antar Sesama Bank Syariah dan Bank Konvensional. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Nursyanti, Reni. (2016). 3 Jenis Pembiayaan Mikro Bank BNI Syariah dan Syarat Lengkapnya.

Pasrizal, Himyar. 2013. Konsep Marketing dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah. Jurnal, Vol. 02, No. 02.

Tho'in, M. (2017). Analysis Of Islamic Bank Customer’s Satisfaction Using Importance Performance Analysis (IPA). ADRI International Journal Of Marketing and Entrepreneurship, 1(1), 42-48.

Tho’in, M. (2016). Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada BNI Syariah Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. MUQTASID Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 73-89.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Jakarta: Bayu Media Publishing.

Ulum, Fahrur. (2014). Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal, Vo. 17, No. 1.

Umar, Husein. (1999). Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, Anggit dan Y, Anni Aryani, (2004). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Di Bsm Cabang Surakarta). Fakultas Ekonomi UNS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 4.

Undang-Undang No. 19 Tahun 2002

Urabe, Kuniyoshi. Child, John. Kagono, Tadao. (1998) Innovation and Management : international comparisons. Walter de Gruyter, Berlin; New York.

William Baumol, et al. (2010). Good Capitalism, Bad Capitalism. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama dan Ciputra University

www.infoperbankan.com/bni-syariah/3-jenis-produk-pembiayaan-mikro-dari-bank-bni-syariah.html?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2081076429. Diunduh hari Senin, 9 Oktober 2017, pukul 10.15 WIB.

www.ojk.go.id/.../syariah/.../Roadmap-Pengembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-.)

Yogi, Respati. (2017). Ini Inovasi Produk yang Bisa Dilakukan Lembaga keuangan Syariah. http://kucintakeuangansyariah.com/ini-inovasi-produk-yang-bisa-dilakukan-lembaga-keuangan-syariah/. Diunduh hari Senin, 9 Oktober 2017, pukul 10.05 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i02.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :