PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sri Lahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui metode estafet writing. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukoharjo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017  yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan diduga melalui metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari data empirik menyatakan melalui penerapan metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 54,54% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan 86, 36% pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: kemampuan belajar, Bahasa Indonesia, menulis teks recount, estafet writing

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3

Dalyono. 2005. Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunarso, Arif. 1993. Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Ilyas, T. 2008. Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Nasution S. 1990. Pengertian Belajar. Bandung: Bumi Aksara.

Poerwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Remaja Karya

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Robert. E Slavin. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sagala, Saiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Semi, Atar. 1990. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Melton Putra.

Suyahman. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Sukoharjo: Univet Bantara.

Syatariah, S. 2009. Menulis Berantai Sebagai Metode Inovatif. Pekanbaru: CPI Rumbai.

Syathariah, S. 2011. Estafet Writing (Menulis Berantai). Yogyakarta: LeutikaPrio.

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Undang-Undang Dasar 1945 (Bab XV Pasal 36)

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i02.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :