MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMAHAMI TEKS DRAMA DAN NOVEL REMAJA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING (CL) JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Indiah Sri Maharsi

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memahami teks drama dan novel remaja melalui model pembelajaran cooperative learning Jigsaw pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi memahami teks drama dan novel remaja. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat menjadi 14 siswa atau 70% atau terdapat peningkatan sebesar 10% dibandingkan kondisi awal. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 90% atau terdapat peningkatan sebesar 20% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi memahami teks drama dan novel remaja pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: prestasi belajar, Bahasa Indonesia, memahami teks drama dan novel remaja, Cooperative Learning (CL) Jigsaw

 

 

Abstrak Bahasa Inggris

This study aims to improve learning achievement of Indonesian material understanding of drama text and novel adolescents through cooperative learning Jigsaw learning model on VIII F students of SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study are students of class VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester of academic year 2017/2018. With a total of 20 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The result of this research is to improve the learning result of Indonesian material to understand drama text and novel of adolescent. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get the value of KKM, increased to 14 students or 70% or an increase of 10% compared to the initial conditions. While in the second cycle increased to 18 students who got a value above the KKM or 90% or an increase of 20% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the implementation of cooperative learning jigsaw learning model can improve learning outcomes Indonesian materials understand text drama and adolescent novels on students of class VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018.


Keywords: learning achievement, Indonesian language, understanding of drama texts and juvenile novels, Cooperative Learning (CL) Jigsaw


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1998. Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Agus, Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heriawan, Adang dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis

Ismail 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media Group

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008.

Muhibbin Syah.1999. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Teti Sobari. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Undang-Undang Dasar 1945 (Bab XV Pasal 36)

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :