PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDISKRIPSIKAN PELAKU EKONOMI MASYARAKAT MELALUI METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 1 SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN 2017/2018

Sri Rejono

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mendiskripsikan pelaku ekonomi masyarakat melalui metode inquiri pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo  tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar mendiskripsikan pelaku ekonomi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat dari 18 siswa (56,25%) menjadi 22 siswa atau 68,75% atau terdapat peningkatan sebesar 12,50%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 87,50% atau terdapat peningkatan sebesar 18,75% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar mendiskripsikan pelaku ekonomi masyarakat pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, pelaku ekonomi masyarakat, metode inquiri


Abstrak Bahasa Inggris

This study aims to improve learning outcomes to describe economic actors of society through the method of inquiri on students of class VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson Year 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo academic year 2017/2018. With 32 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The results of this study is to improve the learning outcomes to describe the economic actors of society. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get KKM scores, increased from 18 students (56.25%) to 22 students or 68.75% or an increase of 12.50%. While in the second cycle increased to 28 students who got a value above the KKM or 87.50% or an increase of 18.75% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the application of inquiri method can improve learning outcomes to describe the economic community in the students of class VIII A SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson Year 2017/2018.

Keywords: learning outcomes, community economic actors, inquiry methods


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1998. Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

E. Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala. 2004. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisman dan G. Tambunan. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Penerbit Karunika Universitas Terbuka..

Teti Sobari. (2006). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :