PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDISKRIPSISKAN TEKS SEDERHANA BENTUK UNDANGAN DAN BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL (CTL) PADA SISWA KELAS 8 G SEMESTER 1 SMP NEGERI 6 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Erna Rumiyatun

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi mendiskripsiskan teks sederhana bentuk undangan dan bagian-bagiannya pada siswa kelas 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukoharjo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan diduga melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi mendiskripsiskan teks sederhana bentuk undangan dan bagian-bagiannya pada siswa kelas 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari data empirik menyatakan melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi mendiskripsiskan teks sederhana bentuk undangan dan bagian-bagiannya dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 55% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan 85% pada siswa kelas 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi mendiskripsiskan teks sederhana bentuk undangan dan bagian-bagiannya pada siswa kelas 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: hasil belajar, bahasa Inggris,  teks sederhana, bentuk undangan dan bagian-bagiannya, pendekatan kontekstual

  

Abstrak Bahasa Inggris

This study aims to improve the learning outcomes of English material mendiscripsiskan simple text form of invitation and its parts on 8th grade students of SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester of Lesson 2017/2018 through the application of contextual approach. This study uses a classroom action research conducted in 2 (two) cycles, implemented in SMP Negeri 6 Sukoharjo with the subject of research all students of grade 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo which amounted to 20 students. Research method using Classroom Action Research. Data collection is done through observation, documentation and test. Data analysis was done with 3 (three) stages including: data reduction, data presentation and conclusion or verification. Hypothesis states allegedly through the application of contextual approach can improve learning outcomes English material mendiscripsiskan simple text form of invitation and its parts on the student grade 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018. From the empirical data states through the application of contextual approach can improve the English learning result of the material to describe the simple text of invitation form and its parts from the initial condition of the average value of 70 with the completeness 55% to the final condition in cycle II the average value 80 with the completeness 85 % in grade 8 students of SMP Negeri 6 Sukoharjo in the first semester of Study Year 2017/2018. So it can be concluded that through the application of contextual approach can improve learning outcomes English material mendiskripsiskan simple text form of invitation and its parts on the students of grade 8 G SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018.


Keywords: learning outcomes, English, describe simple text of invitation form and its parts, contextual approach


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (1998). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

A. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Burhan Nurgiyantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ditjen Dikdasmen, Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstuan/Contextual Teaching and Learning (CTL), Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Depdiknas RI.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Keraf. G. (1995). Eksposisi. Jakarta” Grasindo.

Kilmiah. Dkk. (2005). Metode Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.

Kokom Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada

La Iru, & La Ode Safiun Arihi. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

M. Sobri Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Muhibudin Syah (1998). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution S. 1990. Pengertian Belajar. Bandung : Bumi Aksara

Poerwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Remaja Karya

Slameto. (2000). Belajar dan Faktor-faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H.G. 1995. Menulis: Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :