UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN SECARA LISAN MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IX D SEMESTER 1 SMP NEGERI TAWANGSARI 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Padmi Rahmani

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menceritakan kembali isi cerpen  secara lisan melalui metode cooperative script pada siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX D SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo semester I tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menceritakan kembali isi cerpen  secara lisan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat dari 17 siswa atau 56,66% menjadi 21 siswa atau 70% atau terdapat peningkatan sebesar 13,34% dibandingkan kondisi awal. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 86,66% atau terdapat peningkatan sebesar 16,66% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menceritakan kembali isi cerpen secara lisan pada siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: hasil belajar, bahasa Indonesia, menceritakan isi cerpen secara lisan, cooperative script

 

 

Abstrak Bahasa Inggris :

This study aims to improve the results of learning Indonesian material retelling the contents of the short story orally through cooperative script method on the students of class IX D SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class IX D of SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo first semester of academic year 2017/2018. With a total of 30 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The results of this study is to improve the learning achievement of Indonesian material recount the contents of the short story orally. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get KKM scores, increased from 17 students or 56.66% to 21 students or 70% or an increase of 13.34% compared to the initial conditions. While in the second cycle increased to 25 students who got a value above the KKM or 86.66% or an increase of 16.66% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the application of cooperative script method can improve the learning achievement of Bahasa Indonesia the material retell the contents of the short story orally in the students of class IX D SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018.


Keywords: learning outcomes, Indonesian language, tell the contents of the short story orally, cooperative script


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2004). Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu. (1998). Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

A’la, Miftahul. (2011). Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Slavin, Robert E. (2004). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Sutrisno Hadi.(2007). Metodologi Research.Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.