PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMAHAMI IKLAN BARIS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)PADA SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Tri Indyastuti

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memahami iklan baris pada siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukoharjo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018  yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan diduga melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memahami iklan baris pada siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari data empirik menyatakan melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memahami iklan dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 54,54% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan 86, 36% pada siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memahami iklan baris pada siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

 Kata Kunci: prestasi belajar, bahasa Indonesia, iklan baris, problem based learning (PBL)

 

 

Abstrak Bahasa Inggris : This study aims to improve the learning achievement of Indonesian material understanding of classified ads in grade IX students of SMP Negeri 6 Sukoharjo in the first semester of Lesson 2017/2018 through the implementation of Problem Based Learning (PBL) method. This study uses a classroom action research conducted in 2 (two) cycles, conducted in SMP Negeri 6 Sukoharjo with the subject of the study of all students of class IX D Junior High School 6 Sukoharjo first semester of 2017/2018 Lesson Year which amounted to 22 students. Research method using Classroom Action Research. Data collection is done through observation, documentation and test. Data analysis was done with 3 (three) stages including: data reduction, data presentation and conclusion or verification. Hypothesis states allegedly through the application of Problem Based Learning (PBL) method can improve learning achievement Indonesian language material understand classified ads on students of class IX D Junior High School 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018. From the empirical data states through the application of Problem Based Learning (PBL) method can improve learning achievement Indonesian material understand the ads from the initial condition of the average value of 70 with the completeness of 54.54% to the final condition in cycle II average value 85 with completeness 86 , 36% in grade IX students of SMP Negeri 6 Sukoharjo in the first semester of Lesson 2017/2018. So it can be concluded that through the application of Problem Based Learning (PBL) method can improve learning achievement Indonesian language comprehension material classified ads on students of class IX D Junior High School 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018.

Keywords: learning achievement, Indonesian language, classified ads, problem based learning (PBL)


Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2005. Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunarso, Arif. 1993. Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Ilyas, T. 2008. Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Nasution S. 1990. Pengertian Belajar. Bandung : Bumi Aksara.

Poerwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Remaja Karya

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Sagala, Saiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Melton Putra.

Suyahman. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Sukoharjo: Univet Bantara.

Undang-Undang Dasar 1945 (Bab XV Pasal 36)

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :