UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENANGGAPI ISI LAPORAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (NHT) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SEMESTER 1 SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kemampuan menanggapi isi laporan melalui model cooperative learning pembelajaran kepala bernomor struktur (NHT) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo semester I tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kemampuan menanggapi isi laporan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat dari 13 siswa atau 54,16 menjadi 16 siswa atau 66,66% atau terdapat peningkatan sebesar 12,50% dibandingkan kondisi awal. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 87,50% atau terdapat peningkatan sebesar 20,84% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model cooperative learning pembelajaran kepala bernomor struktur (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kemampuan menanggapi isi laporan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, Bahasa Indonesia, isi laporan, cooperative learning NHT

 

 

Abstrak Bahasa Inggris :

This study aims to improve the learning outcomes of Bahasa Indonesia material the ability to respond to the contents of the report through the model of cooperative learning headed learning structure number (NHT) on students of class VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo semester I of academic year 2017/2018. With 24 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The results of this study is to improve the learning achievement of Bahasa Indonesia material ability to respond to the contents of the report. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get KKM scores, increased from 13 students or 54.16 to 16 students or 66.66% or an increase of 12.50% compared to the initial conditions. While in the second cycle increased to 21 students who got a value above the KKM or 87.50% or an increase of 20.84% from the previous. Based on the result of this research, it can be concluded that with the implementation of cooperative learning model of headed learning structure numbered (NHT) can improve the learning result of Bahasa Indonesia material of ability to respond to report contents in grade VIII F SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson Year 2017/2018.

Keywords: learning outcomes, Bahasa Indonesia, report content, cooperative learning NHT


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (1998). Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Heriawan, Adang dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis

Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pengertian Model.

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :