PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPLETE SENTENCE

Sriyanto Sriyanto

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul "Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Metode Pantun Menggunakan Kalimat Lengkap" bertujuan untuk memberikan masukan bagi guru Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di kelas XI AK 2 SMK Negeri 3 Surakarta Jawa Tengah Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan asumsi hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua. Untuk memperoleh data menggunakan alat pengumpulan data seperti tes, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis pantun sebesar 72,36 pada awal menjadi 75,00 tugas pada siklus pertama dan 79,53 pada siklus kedua. Aktivitas rata-rata siswa dalam proses belajar sebagai aktivitas perhatian, tanya, jawab, tanggap dan tulis juga meningkat. Aktivitas siswa pada siklus I meningkat 51,60% menjadi 55,25% pada siklus kedua. Aktivitas rata-rata 52,42% cukup baik. Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan bahwa para siswa setuju bahwa metode Kalimat Lengkap mudah dipelajari, lebih baik daripada metode lainnya, cukup menarik dan perlu terus digunakan. Persentase total yang disetujui oleh 92,41% sangat bagus.

Kata kunci: keterampilan menulis, pantun, metode complete sentence

 

 

 

Abstrak Bahasa Inggris :

Class Action Research entitled "Essay Writing Skills Improvement Pantun Method Using the Complete Sentence" aims to provide input for Indonesian teachers to improve writing skills of the students in Indonesian language. Class Action Research was conducted in classes XI AK 2 SMK Negeri 3 Surakarta Central Java Indonesia. Class Action Research was conducted in two cycles, assuming a learning outcome from the first cycle to the second cycle. To obtain the data use data collection tools such as tests, observation and questionnaires. The results showed an increase in the average value of writing skills pantun of 72.36  at baseline to 75.00 duties in the first cycle and 79.53 in the second cycle . The average activity of students in the learning process as the activity of attention , ask , answer, respond and write also increased . Activities of students in the first cycle of 51.60 % increase to 55.25 % in the second cycle. The average activity of 52.42 % is quite good. In addition, the questionaire results showed that the students agreed that the Complete Sentence method is easy to learn, better than any other methods, quite interesting and need to continue its use. Total percentage approved by 92.41 % as very good.


Keywords: writing skills, pantun, the complete sentence method


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 1998. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badudu, Yus. 1985. Pelik- Pelik bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Taufik. 2005. Agar Anak Bangsa Tidak Rabun Membaca dan Tidak Pincang Mengarang. Yogyakarta: UNY.

Mahsun. 2013. “Pembelajaran Teks dalam Kurikululum 2013”. Dalam harian Media Indonesia, 17 April 2013.

Marahimin, Ismail. 2002. Menulis Secara Populer. Jakarta: Gramedia.

P4TK Medan. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Modul Program Asistensi Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas Kerjasama P4TK Medan Dengan Unimed).

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :