PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN YANG TEPAT PADA SEKOLAH DASAR SAMPAI PERGURUAN TINGGI

Sri Lahir, Muhammad Hasan Ma’ruf, Muhammad Tho’in

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Banyak metode atau model pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat metode yang digunakan oleh guru atau dosen dalam meningkatkan prestasi belajar pasa sekolah dasar dan menengah (guru) sampai perguruan tinggi (dosen) . hasil penelitian menunjukkan ada lima metode atau model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru atau dosen kepada peserta didiknya, yaitu metode Numbered Heads Together (NHT), metode Cooperative Script, metode Student Teams Achievement Divisions (STAD), model pembelajaran jigsaw, dan metode role playing. Dengan penerapan model yang sesuai dan tepat akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa atau mahasiswa dalam belajarnya.

Kata Kunci: prestasi belajar, model pembelajaran, sekolah dasar sampai perguruan tinggi

 

 

Abstrak Bahasa Inggris :

Many methods or learning models that can be done by teachers or lecturers in order to improve student achievement learners. The purpose of this study is to see the methods used by teachers or lecturers in improving learning achievement pasa elementary and secondary (teachers) to college (lecturer). the results of the study indicate that there are five methods or models of learning that are often used by teachers or lecturers to their students, the method of Numbered Heads Together (NHT), Cooperative Script method, Student Teams Achievement Divisions (STAD) method, jigsaw learning model, and role playing method . With the application of appropriate and appropriate model will be able to improve student achievement or student in learning.


Keywords: learning achievement, learning model, elementary school until college


Full Text:

PDF

References


Adang Heriawan. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3

Baswedan, Anis. 2014. Kekayaan Indonesia Ada Pada Sumber Daya Manusianya. di seminar Uji Publik Capres 2014: Mencari Pemimpin Muda Berkualitas yang diadakan The Habibie Center, di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Dansereau Cs. 1985. Cooperative Learning Tipe Cooperative Script

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heriawan, Adang, dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G.

https://nasional.kompas.com/read/2014/03/26/1149102/Anies.Kekayaan.Indonesia.Ada.pada.Sumber.Daya.Manusia. diakses pada tanggal 12 Januari 2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pengertian Model.

M. Sobry Sutikno, (2009). Belajar dan Pembelajaran, Prospect. Bandung

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Slavin, 1995. Cooperative Learning. Boston: Allya Bacon

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :