PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT SKETS GRAFIK FUNGSI ALJABAR SEDERHANA PADA SISTEM KOORDINAT KARTESIUS MELALUI METODE COOPERATIF LEARNING JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sugiyamti Sugiyamti

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi membuat skets grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius melalui model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo  tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi membuat skets grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, dari siklus awal hanya 11 siswa atau 55% meningkat menjadi 14 siswa atau 70% atau terdapat peningkatan sebesar 15%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa yang mendapat nilai di atas KKM atau 85% atau terdapat peningkatan sebesar 15% dari sebelumnya atau mengawali peningkatan 30% dari siklus awal ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membuat skets grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: hasil belajar, matematika, skets grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius, Jigsaw

 

 

Abstrak Bahasa Ingris :

This study aims to improve the learning outcomes of mathematics material to sketch the graph of simple algebraic functions on Cartesian coordinate system through Cooperative Learning Jigsaw learning model on VIII F students of SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester II Lesson Year 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo academic year 2017/2018. With a total of 20 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The result of this research is to improve the result of learning mathematics material to sketch the graph of simple algebra function on cartesian coordinate system. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get KKM scores, from the initial cycle only 11 students or 55% increased to 14 students or 70% or an increase of 15%. While in the second cycle increased to 17 students who scored above the KKM or 85% or an increase of 15% from the previous or initiate a 30% increase from the early cycle to cycle II. Based on the results of this study can be concluded that with the implementation of Cooperative Learning Jigsaw learning model can improve the learning outcomes of mathematics material to make sketches of simple algebraic functions on cartesian coordinate system in students of class VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Lesson 2017/2018.


Keywords: learning outcomes, mathematics, graphs sketches of simple algebra functions on

Cartesian coordinate system, Jigsaw


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1998. Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Agus, Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heriawan, Adang dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis

Hudoyo (1988), Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Ismail 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media Group

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pengertian Model.

Muhibbin Syah.1999.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sujono. (1988). Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sumarmo. 2003. ”Indikator Kemampuan Komunikasi Matematika”. http://kartiniokey.blogspot.com/2010/05/meningkatkan-kemampuankomunikasi. htm (diakses pada tanggal 29 Desember 2017).

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :