PELATIHAN AKUNTANSI DAN MANAJEMEN SERTA MOTIVASI MOTHERCARE DI KABUPATEN MADIUN

Titin Eka Ardiana

Abstract


Kondisi permasalahan dan kemiskinan yang dihadapi rumah tangga dengan kepala rumah tangga perempuan secara umum lebih kronis dibanding dengan kepala rumah tangga laki-laki. KRTP tidak hanya mengalami permasalahan di sektor ekonomi, tetapi juga problematika psikologis, sosial, dan budaya. Kebutuhan untuk mendapatkan jalan keluar dari perangkap kemiskinan tidak cukup melalui fasilitas akses ekonomi tetapi memerlukan dukungan interaksi secara intensif dari figur yang secara keseharian sudah dikenal, dinilai mampu memberikan perlindungan, berkelanjutan, serta memiliki legitimasi sosial. Figur tersebut yang selanjutnya menjadi mothercare atau layaknya sebagai sosok ibu atau orang tua yang memiliki kepedulian yang tinggi, menjadi simpul interaksi dan berbagi antar KRTP sehingga akan memupuk harapan serta semangat untuk berjuang bersama-sama dalam upaya keluar dari kemiskinan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Dalam pengabdian masyarakat ini yang menjadi mitra adalah Pendamping Desa Program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) 2017 Kabupaten Madiun. Sasaran 18 mothercare merupakan pendamping desa yang membantu KRTP dalam pengelolaan bantuan Jalin Matra Feminisasi kemiskinan. Mothercare selama ini telah terbukti menjadi relawan pemberdayaan keluarga, oleh karena itu perlu dioptimalkan perannya untuk melakukan pendampingan dan pemantauan terhadap pelaksanaan program sekaligus perkembangan usaha KRTP.
Pelaksanaan Pelatihan Akuntansi dan Manajemen khususnya bagi Mothercare yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi serta memberikan motivasi kepada mothercare tersebut. Pemahaman terhadap akuntansi, wirausaha dan motivasi diharapkan akan membantu pengelola bantuan dan penerima bantuan Program Jalin Matra untuk mengelola sumber dana dan penggunaan secara cermat dan efisien sehingga pengelola bantuan dan penerima bantuan Program Jalin Matra dapat berkembang lebih baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa khususnya di Kabupaten Madiun.

Kata kunci : kepala rumah tangga perempuan, mothercare

References


Anonim. 2016. www.madiunkab.go.id

Anonim. 2016. Info madiun. Kondisi ekonomi kabupaten madiun.com

Bapemas Provinsi Jawa Timur. (2016) Pedoman Umum Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Surabaya.

Handoko. 2009. Statistik Kesehatan, Belajar Mudah Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan. Mitra Cendekia Press. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :