IMPLEMENTASI PP NO 23 TAHUN 2018, PEMAHAMAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KOTA SURAKARTA

Desi Listyaningsih, Siti Nurlaela, Riana R. Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah implementasi pp 23 , pemahaman perpajakan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak umkm di kota Surakarta . Populasi pada penelitian ini adalah umkm yang berada di wilayah Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode purposivesampling dengan kriteria umkm yang sudah memiliki NPWP. Variabel independen pada penelitian ini adalah Implementasi PP 23 , pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan untuk variabel dependen pada penelitian ini adalah. Kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara langsung. Hasil penelitian ini adalah variable implementasi PP 23, pemahaman perpajakan, sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Dari perhitungan R2 diperoleh hasil R Square sebesar 30,6% dari variabel kepatuhan wajib pajak dapat dijelaskan oleh variabel implementasi, pemahaman dan sanksi perpajakan. Sementara sisa 69,4% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar model dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Implementasi PP 23, pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan , kepatuhan wajib pajak

References


Chomasatu. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Performance Of Accounting Information Systems. Jurnal Paradigma Vol. 12 No. 01.

Didik, Rita, Edi. (2016). pengaruh pemahaman wajib pajak atas PP No.46 Tahun 2013 terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Semarang .

Listyowati, Samrotun, Y. C., & Suhendro. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak. JRABA, Vol.3 No.1.

Ningrum, Y. M., Handayani, S. R., & Mayowan, Y. (2016). Implementasi Peraturan Pemerintah nomor 46tahun 2013 Tentang Penghasilan Yang Diperoleh Wajib Pajak Sektor UMKM (studi pada kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan). Jurnal Perpajakan (JEJAK) , Vol.10 N0.1.

Prawagis, F. D., Zahroh Z.A, & Mayowan, Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Atas Mekanisme Pembayaran pajak, Persepsi Tarif Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM . Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol.10 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :