Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang

Ahmad Musthofa Aziz, Yuli Chomsatu, Endang Masitoh Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kebijakan kepemilikan, profitabilitas dan tarif pajak yang dapat mempengaruhi kebijakan hutang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah Kepemilikan Institusional mempengaruhi Kebijakan Hutang (2) Untuk mengetahui apakah Profitabilitas berpengaruh terhadap Kebijakan Hutang (3) Untuk mengetahui apakah Tingkat Pajak mempengaruhi Hutang. Penelitian Makalah ini menggunakan jenis penelitian yang mereplikasi pengembangan. Penelitian ini termasuk Penelitian Penjelasan. Penelitian ini mengambil sampel dari populasi menggunakan teknik Pengambilan Sample. Dengan menggunakan dua jenis variabel, yaitu Variabel Dependen (variabel dependen) dan variabel independen (variabel independen). Hasil dari penelitian ini adalah variabel kepemilikan institusional yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, variabel tarif pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang.
Keyword : Leverage, Institusional Ownership, Profitability

References


Anggraini, Ririn Dwi. “Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kepemillikan Asing Terhadap Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan Dalam Annual Report (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Tercatat di BEI Tahun 2008-2009)”. Skripsi. Semarang: Universitas Dipenogoro. 2011 .

Agustina, Farah. “Analisis Pengaruh Profitabilitas,Struktur Aset,Pertumbuhan Perusahaan dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Hutang (studi kasus perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2017.

Akbar, Deni dan Ruzikna.2017.”Pengaruh Struktur Kepemilikan,Free Cash Flow,Struktur Aset dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.jom fisip Vol.4 No.2.

Fransiska, Yuli dkk. 2014 “ Pengaruh Kepemilikan Institusional,kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun2012-2014”. Journal riset mahasiswa program studi akuntansi Universitas Kanjuruhan, Malang.

Fahmi, Irham. 2011.“Analisis Laporan Keuangan”. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, I. (2016 ). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Susyanti, Jeni dan Dahlan, Ahmad. 2015. Perpajakan Untuk Praktisi&Akademisi Yogyakarta : Empatdua Media.

Kasmir, 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Nugraha, Eraka.2017.”Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Skripsi dipublikasikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurmasari,Nuraini.2015.”Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijaka Dividen, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Kebijkan Hutang Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i02.554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :