ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATION, BRAND AWARENESS, PRICE, DAN ROLE MODEL TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI PADA SEPATU FUTSAL NIKE CR7)

Dimas Ilham Nur Rois, Aji Yudha, Yuli Rika Riftiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Association, Brand Awareness, Price, dan Role Model terhadap Purchase Intention Studi Pada Sepatu Futsal Nike CR7. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengambilan data primer dan pendekatan kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di Kota Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Samping. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Association dan Brand Awereness tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention sedangkan Price dan Role Model berpengaruh terhadap Purchase Intention.

Kata Kunci : Brand Association, Brand Awareness, Price, Role Model dan Purchase Intention

References


Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: Free Press.

Assael, H. (1998). Consumer Behaviour and Marketing Action. America: New York University.

Bush, A. J., & Martin, C.A. (2000). Do Role Models Influence Teenager’s Purchase Intention and Behaviour?. Journal of Consumer Marketing. Vol. 17 (5). 441 –

Durianto, Sugiarto & Sitinjak. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Merek. Jakarta: Gramedia

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk

Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozal, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozal, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozal, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Haroo, M.Z, Haq, M,A. Najmonnisa (2015). Impact Of Role Model On Behavioral And Purchase Intetion Among Youngster: Empirical Studi From Karachi, Pakistan. Journal of Management Sciences. Vol 2 (2). 243 – 255.

Hunt C,S. dan Mello J.E. (2015). Marketing. Boston: Mc Graw Hill. Indriantoro, Nur, & Supomo, Bambang. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta

Kotler & Keller (2006). Marketing Management, 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Kotler & Keller (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Index

Kotler, N. & Kotler, P. (1998). Museum Strategy and Marketing. San Francisco: Jossey – Bass A Willey Imprint

Kotler & Keller (2006). Marketing Management 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Nikisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Perusahaan. Bandung: Alfabeta.

Run, E,C, Butt, M., Nee, C. Y. (2010). The Influence of Role Model on Young Adult Purchase. Jurnal Kemanusiaan.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Tjiptono & Fandy (2005). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Valdo, J. & Subagio, H. (2017). Analisis Pengaruh Brand Equity tehadap Purchase Intention kepada Konsumen pada Produk PC Tablet Apple Ipad di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. No. 2 (4).

Widarjono, Agus. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi Pertama. Yogyakarta UPP STIM YKPN

Wowor S. & Lunarjanto A. (2014). Pengaruh Brand Equity dan Pricing terhadap

Purchase Intention Markapai Low Cost Carrier di Jakarta. Journal of Business Strategy and Execution. No 7 (1). 45 – 81.

www.wikipedia.org diakses 26 Januari 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.