ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA APARAT DESA

Wahna Widhianingrum

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja aparat desa Kaibon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja aparat desa Kaibon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis statistika yang tepat digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan 2 variabel penjelas dan 1 variabel respon. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu: variabel respon berupa kinerja aparat desa (Y) dan variabel penjelas berupa motivasi kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2). Adapun jenis dari sumber data, penelitian ini yaitu data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber atau tempat dimana penelitian dilakukan. Pada penelitian ini, peneliti menetapkan jumlah sampel sebanyak 55 aparat desa. Penetapan kuota ini berdasarkan pertimbangan jumlah populasi aparat desa yang ada di Kantor Desa Kaibon sebesar 75. Penentuan sampel yang dilakukan adalah sampling jenuh. Data yang diperoleh dengan menggunakan bantuan SPSS 20 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan variabel motivasi kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap varabel kinerja aparat (Y) Desa Kaibon Madiun.

Kata Kunci : Motivasi kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Aparat.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N dan D. C. Porter. (2010). Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Hasibuan, M. S. P. (2001). MSDM. Jakarta: Bumi Aksara.

Mathis Robert L. dan Kackson John H. (2006). Human Resource Management. Alih bahasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nachrowi, N. D. dan H. Usman. (2006). Pendekatan Populer Pada Ekonometrika, Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.