PENGAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA VISUAL

Tira Nur Fitria, Desy Nur Pratiwi

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui tentang pengajaran menulis teks Berbahasa Inggris kepada mahasiswa dan untuk mengetahui jenis media yang digunakan guru/pengajar dalam menulis teks berbahasa Inggris kepada mahasiswa STIE AAS Surakarta pada tahun akademik 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian difokuskan pada deskripsi dan penjelasan fenomena yang terjadi di lingkungan. Dalam hal ini, penelitian ini menggambarkan implementasinya pembelajaran menggunakan media visual foto yang digunakan dalam pengajaran menulis bahasa Inggris. Kondisi ini menarik peneliti untuk mengamati dan melaporkannya dalam penelitian. Dalam analisis data kualitatif, melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Dalam mengajar menulis teks deskripsi dalam Bahasa Inggris, pengajar/Dosen Bahasa Inggris melakukan beberapa langkah-langkah dalam pengajaran menulis, diantaranya adalah Pre-Teaching (Opening & Reviewing), While-Teaching (Teaching & Practicing) dan Post-Teaching (Reviewing & Closing). Media pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan menulis teks deskripsi yaitu dengan menggunakan media visual gambar. Penggunaan media berbentuk foto/gambar yang mudah diperoleh dapat memudahkan mahasiswa dalam menulis teks deskriptif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Ashar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Husada.

Ayudia, Suryanto, E, & Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. BASASTRA. Vol. 4 (1) 34 - 49.

Fitria, T. (2019). Students’ Error Analysis In Writing English Composition Of “My Self Description. Proceeding SENDI_U, 453-460. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7328

Fitria, T. N. (2019). Errors In Students’writing Composition In Simple Present Tense “My Daily Activity”. Edulangue, 2(1), 47-62.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Patty, A. A. (2007). Pemanfaatan Media Realia dalam Bidang Studi Sains Biologi. (Skripsi). Bandung: tidak diterbitkan.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wiyanto, Asul. (2004). Terampil Menulis Paragaraf. Jakarta: Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.