KEPUTUSAn PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI SITUS JUAL BELI SHOPEE DITINJAU DARI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RESIKO PADA MAHASISWA UNIBA SURAKARTA

Adinda Galih, Djumali Djumali, Eny Kustiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial dari kemudahan (X1), kepercayaan (X2), dan persepsi resiko (X3) terhadap keputusan pembelian secara online melalui situs jual beli Shopee pada mahasiswa UNIBA di Surakarta. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Dengan bantuan program IBM SPSS versi 18. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa UNIBA yang telah menggunakan situs Shopee di Surakarta. Analisais yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen data (uji validitas dan uji reabilitas), analisis regresi liner berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas), dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kepercayaan dan persepsi resiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan, serta membuktikan bahwa kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangakan untuk persepsi resiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References


Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. (n.d.). Retrieved from www.apjii.com

Fachrizi Alwafi, R. H. M. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Journal of Management, 5(2), 1–15.

Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaua Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro.

Nursani, Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma). Jurnal Ekonomi Bisnis, 102–115.

Syahrizal, M., Arief, I., Khabibah, U., Niaga, A., & Malang, P. N. (2019). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN PENGGUNAAN e-commerce SHOPEE TERHADAP. 161–164.

Tjiptono, Fandy & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Triana, Puji; Bambang, M. S. (2018). Pengaruh harga, produk, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian buku di cv gramera. 18, 227–234.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA - ISSN : 2598-1153
Jln. Slamet Riyadi No. 361, Windan, Makamhaji, Karatsura, Sukoharjo

INDEXED BY :