KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI ATMOSFER, KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE DI WARUNG APUNG PONDOK ROSO KLATEN

Laila Agusti Rachmawati, Burhanudin Ahmad Yani, Ratna Damayanti

Abstract


Temuan ini yang bertujuan menganalisis adanya pengaruh atmosfer, kualitas produk, dan brand image kepada keputusan pembelian konsumen di warung apung Pondok Roso Rowo Jombor Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Semua konsumen di warung apung Rowo Jombor Klaten menjadi populasi dalam penelitian, sampel terambil 100 orang, dengan menggunakan non random sampling melalui purposive sampling. Data penelitan berupa kuesioner dengan skala Likert 1 – 5, dan teknik analisis data memakai regresi linear berganda yang diolah dengan komputer program IBM SPSS 21. Hasil temuan yang didapat : Hasil uji F didapat nilai sig. 0,000, sehingga disimpulkan bahwa keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh atmosfer, kualitas produk serta brand image secara bersamaan. Hasil uji t diperoleh sig. 0,011, sehingga atmosfer secara individual berpengaruh secara signifikan kepada keputusan pembelian konsumen. Dari uji t didapat nilai sig. 0,009, sehingga kualitas produk secara individual secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dari hasil uji t didapat nilai sig. 0,000, sehingga brand image secara individual mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Model regresi diperoleh nilai koefisien regresi positif, sehingga disimpulkan jika atmosfer, kualitas produk serta brand image ditinggatkan maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,409, maka diperoleh kesimpulan kemampuan di dalam variabel atmosfer, kualitas produk serta brand image mempengaruhi variable keputusan pembelian sebesar 40,9 % sisanya 50,1 % dari variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitan ini.
Kata kunci : Atmosfer, Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian.

References


Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press

Gaman dan Sherrington ( 1996 ). The Science of food ( 4th ed ) oxford

butterworth heinemann.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program

SPSS. Edisi 5, Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Gozali, Yolanda Widita et al. Analisa Pengaruh Faktor Kualitas Makanan,

Kualitas Layanan, Dan Mood Terhadap Pemberian Tip Di Duck King Restoran Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 4. No 1 (2016)

Harianto David, Subagio Hartono. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas

Layanan, Brand Image, dan Atmosfer terhadap loyalitas konsumen

dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening

konsumen keda Deja-Vu. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1,

No. 1, (2013) 1-8

Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan

Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota

Avanza. Jurnal EMBA. ISSN : 2303-1174, Volume 1, No 3, September (2013). Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, plhilip & amstrong, gary. Principle Of Marketing. (pearson

prentice hall, 2014).

Margaretha, Japarianto Edwin. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality dan

Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko

Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurusan Manajemen Pemasaran, Vol. 1,

No. 1, ( 2012 ) 1 – 6.

Maryam, Siti. 2012. Statistik Induktif. Surakarta: Universitas Islam Batik

Surakarta Press (UNIBA Press)

Musay Fransisca Paramitasari.2014. Pengaruh Brand Image Terhadap

Keputusan Pembelian Survei Pada Konsumen KFC Kawi Malang.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, Vol.57 , 1 - 22.

Sengkey, Cindy & Wenas, Rudy. 2015. Analisis Citra Merek, Atmosfer

Toko, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian pada Time

Out Sport Cafe It Center Manado. Jurnal EMBA. ISSN : 2502

, Volume 3, No 1, Maret (2015).

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. Pemasaran Strategik. (Andi

Offset, 2011).

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. Pemasaran Strategik. (Andi

Offset, 2012).

Utami, C. W. 2010. Manajemen ritel : Strategi dan Implementasi

Opersional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 2, Salemba

Empat, Jakarta

West, W., dan Hanger. 2007. Advertising & Promotion: an IMC

Perspective.8.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA - ISSN : 2598-1153
Jln. Slamet Riyadi No. 361, Windan, Makamhaji, Karatsura, Sukoharjo

INDEXED BY :