THE THE EFFECT OF INTEREST RATE, ADMINISTRATIVE FEES, AND RISK ON ONLINE LENDING DECISIONS ON FINTECH LENDING APPLICATIONS

Yudi Sidharta, Nurdina Nurdina, Nabila Maulidya Putri

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of interest rate variables, administrative costs, and risk on online loan-taking decisions. The approach used is quantitative method with primary data obtained through questionnaires. The research population includes all borrowers on the fintech lending platform in Surabaya City, while the research sample consists of borrowers of fintech lending applications (Akulaku and Kredivo) in Surabaya City (272 samples). The sampling technique used was purposive sampling. This study contributes by integrating the influence of interest rates, administrative costs, and risk in one model to understand the collective influence on fintech lending user decisions. In addition, this study fills the gap of previous research by analyzing the contradictions in the results of previous studies related to the factors that influence credit decisions, as well as presenting a new perspective with a focus on fintech lending platforms in Surabaya City. The results showed that the variables of interest rates, administrative costs, and risk affect the decision to take online loans

Full Text:

PDF

References

Adella, and Sijabat, R. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Konsumen Pada Penggunaan Kartu Kredit CIMB Niaga. Jurnal Transaksi, 13(1), 116–133.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Andista, D. R., and Susilawaty, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko terhadap Minat Pengguna dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 12(1), 1228–1233. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2919

Anggraeni, N. D. (2015). Analisis Pengaruh Aset, Jaminan, dan Persepsi Suku Bunga Pinjaman Perbankan terhadap Keputusan Kredit Para Pelaku UMKM di Kota Blitar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Arofa, R. I. (2016). Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Risiko terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswi UIN Sunan Ampel pada Produk Mode Muslim di Instagram. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

BPS. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020 Kota Surabaya. 29 Januari 2021.

Dary, R. W., and Pudjiharjo, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(3), 252–263.

Dasuki, K. A. et al. (2023). Analisis Sentimen Pinjaman Online Akulaku dan Kredivo Dengan Metode Support Vector Machine (SVM). Journal of Mandalika Literature, 4(3), 323–332.

DataIndonesia.id. (2023). 8 Aplikasi Pinjol Paling Banyak Digunakan Warga RI. 25 Oktober 2023.

Dewadi, F. M. et al. (2023). Ekonomi Teknik. Padang: Get Press Indonesia.

Frederica, D. et al. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Lainnya terhadap Niat Masyarakat Menggunakan Pinjaman Online. Jurnal Riset Bisnis, 7(1), 141–155.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, K. R. et al. (2023). Pengaruh Tingkat Kepadatan Penduduk yang Semakin Kompleks dan Terus Meningkat di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 730–736.

Hertati, S. (2014). Pengaruh Suku Bunga Deposito Bank Konvensional, Bagi Hasil Deposito Mudharabah, Inflasi, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Deposito Mudharabah pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2010-2012. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Izzati, T. R., and Haryatiningsi, R. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Teknologi Pinjaman Online bagi UMKM Kota Bandung Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Bandung Conference Series: Economics Studies, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.29313/bcses.v3i1.6772

Maivalinda, et al. (2023). Mengukur Prilaku Pinjaman Online Melalui Literasi Keuangan Digital, Preferensi Risiko, dan Faktor Demografi Sebagai Variabel Moderasi. Junal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2), 561-572.

Maryam, A. K. et al. (2023). Determinan Masyarakat Cirebon dalam Menggunakan Layanan SPinjam. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(1), 32–40.

Ningtiyas, S. I. et al. (2019). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan dan, Loyalitas Nasabah terhadap Keputusan Pengambilan Kredit KSP XX. Eproceedings of Accounting, 7(2), 309–317.

OJK. (2023a). Daftar Perusahaan Penyelenggara Fintech Lending per Agustus 2023. 21 Agustus 2023.

OJK. (2023b). Laporan Statistik Peer to Peer Lending per Agustus 2023. 3 Oktober 2023.

Prajogo, U., and Rusno. (2022). Persepsi Risiko terhadap Minat Melakukan Pinjaman Online dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32.

Pulungan, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi dan Biaya Administrasi terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan Angkatan 2017). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Risanaturrahmi. (2020). Pengaruh Biaya Administrasi, Jasa Pemeliharaan, dan Nilai Taksiran terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Rahn pada Pegadaian Syariah Sigli. Skripsi. Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Rosidi, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi, dan Bagi Hasil terhadap Minat Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 5(3), 444–450. https://doi.org/10.22219/jie.v5i3.15257

Rosiwan, G. M. A., and Lasmanah. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Pengguna terhadap Penggunaan Sistem Kredit Online Pada Aplikasi Kredivo di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.306

Sari, L. K., and Soliha, E. (2018). Kualitas layanan, Persepsi Tingkat Suku Bunga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Nasabah. Prosiding SENDI_U, 1(1), 670–676.

Sekaran, U., and Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed). United Kingdom: Wiley.

Septanto, H., and Rusmawan, U. (2023). Tantangan dalam Sosialisasi Etika Digital di Masyarakat untuk Mitigasi Pengaruh Negatif Pinjaman Online. Seminar Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 12–20.

Setiyawan, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pengamabilan Kredit Online (Fintech) (Studi pada Aplikasi Akulaku). Skripsi. Universitas Islam Negeri Profesor K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Suadnyana, K. et al. (2023). Pengaruh Biaya Administrasi, Pengetahuan Keuangan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi E-Wallet Gopay pada Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 14(2), 419–430.

Sugiono, O. D., and Dewi, C. K. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Utility, dan Brand Trust terhadap Propensity to Consume pada Pengguna Akulaku di Indonesia. E-Proceeding of Management, 8(5), 6442–6449.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suprapto, E., and Puryandani, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Suku Bunga, Pendapatan, dan Pendidikan terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kredit Produktif di Bank Jateng Capem Margasari. Jurnal Magisma, 8(1), 73–79. https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.71

Ulya, Z., Yahya, M., and Anggrainingsih, D. W. (2021). Pengaruh Promosi, Motivasi, dan Biaya Administrasi terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Produk Tabungan Emas. Jurnal Investasi Islam, 6(2), 173–186.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender dan Kemampuan Akademis terhadap Literasi Keuangan dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 1–12. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma

Refbacks

  • There are currently no refbacks.